Mohon tunggu...
Dwi ari wahyudianto
Dwi ari wahyudianto Mohon Tunggu... Mandiri untuk menuju kesuksesanšŸ˜Š

Mandiri untuk menuju kesuksesanšŸ˜Š

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Festival Anak Sholeh

13 Juni 2019   06:49 Diperbarui: 14 Juni 2019   06:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
Festival Anak Sholeh
Peserta Lomba, Dewan Guru dan Mahasiswa KKN UM

FASH "Festival Anak Sholeh" diadakan oleh mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Desa Sengguruh. Kegiatan ini dilaksanakan di MTQ Majmaal Murottilin. Festival Anak Sholeh memilik tema "Mewujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qurani". Festival ini diadakan di bulan Ramadhan tepat di tanggal 26 hingga 28 Mei 2019.

Festival Anak Sholeh disambut dengan penuh semangat oleh siswa-siswi MTQ Majmaal Murottilin, terbukti dengan jumlah peserta festival diatas perkiraan yakni lebih dari 200 siswa. Peserta yang mengikuti lomba berkisar umur 3 tahun hingga 9 tahun. Adapun kegiatan ini terdiri dari beberapa cabang lomba, yaitu lomba adzan, lomba membaca Al-Quran, lomba hafalan surat pendek, lomba doa sehari-hari, lomba mewarnai kaligrafi, dan lomba praktik sholat.

Hari pertama, (26/5) Pembukaan Festival dilaksanakan di Aula TPQ. FASH ini diresmikan oleh Dwi Ari Wahyudianto selaku Koordinator Desa (Kordes) mahasiswa KKN di Desa Sengguruh dan Bu Dewi selaku Kepala Sekolah MTQ Majmaal Murottilin. Setelah presmian, diselenggarakan lomba: adzan, mewarnai kaligrafi, membaca Al-Quran, hafalan surat pendek, dan bacaan untuk sehari-hari.

Kemudian di hari kedua (27/5) diselenggarakan lomba gerakan sholat. Jumlah peserta dalam lomba gerakan sholat paling banyak diikuti. Sehingga panitia membagi Ā menjadi dua bagian agar dapat selesai tepat waktu.

Juri masing-masing cabang lomba sebagian besar terdiri dari 2 juri, yakni 1 juri dari guru MTQ Majmaal Murottilin dan 1 juri dari mahasiswa KKN. Namun untuk juri lomba gerakan sholat terdiri dari 4 juri karena ada 2 bagian, dimana masing-masing bagian 1 juri guru MTQ dan 1 mahasiswa KKN. Kemudian untuk juri lomba mewarna kaligrafi adalah sebagian besar dari mahasiswa KKN. Bedasarkan penilaian tersebut dilakukan perekapan nilai untuk menentukan pemenang lomba.

Hari ketiga, (28/5) Pengumuman dan pembagian hadiah berlangsung sangat meriah, siswa-siswi MTQ sangat antusias dengan hadiah yang diberikan oleh mahasiswa KKN UM. Masing-masing cabang lomba diambil 6 pemenang lomba. Pemenang lomba antara lain juara 1, juara 2, juara 3. harapan 1, harapan 2, dan harapan 3. Pada akhir sesi, mahasiswa KKN berfoto bersama guru-guru MTQ dan semua siswa MTQ yang menjadi peserta lomba.

Foto bersama Mahasiswa KKN UM dan Dewan Guru
Foto bersama Mahasiswa KKN UM dan Dewan Guru

KONTEN MENARIK LAINNYA
x