Mohon tunggu...
Dwi Agustina
Dwi Agustina Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Masyarakat UPI 2017

Mahasiswa Pendidikan Masyarakat UPI 2017 Aktif di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Patrakomala Ujungberung, Bandung I Instagram : dwiia33 I “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PKBM Patrakomala Berpartisipasi di Hari Aksara Internasional Ke-54 Tingkat Jawa Barat

13 Januari 2021   12:30 Diperbarui: 14 Januari 2021   15:17 58 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PKBM Patrakomala Berpartisipasi di Hari Aksara Internasional Ke-54 Tingkat Jawa Barat
Dok. pribadi

Melansir dari situs United Nations (UN), 8 September dicanangkan sebagai Hari Aksara Internasional oleh UNESCO saat sesi ke-14 Konferensi Umum UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966. Hari Aksara Internasional Sedunia atau Hari Melek Huruf Internasional, yang diperingati setiap tanggal 8 September sebagai peringatan untuk menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat. Setiap tahun, UNESCO mengingatkan komunitas internasional untuk selalu dalam kegiatan belajar. Hari Melek Huruf Internasional ini diperingati oleh seluruh negara di dunia.

Untuk mewujudkan komitmen pemerintah dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap penuntasan buta aksara untuk ikut dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional ke-54 tingkat Jawa Barat tahun 2019 yang dipusatkan di Alun-Alun dan Pendopo Garut. Selain itu, beberapa sekolah pun akan digunakan sebagai tempat rangkaian kegiatan ini pada tanggal 12-18 November 2019 dengan mengusung tema "Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat" dihadiri oleh 10.000 peserta dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Ketua PKBM Patrakomala bersama peserta yang lain
Ketua PKBM Patrakomala bersama peserta yang lain

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Salah satu peserta pada kegiatan ini adalah PKBM Patrakomala yang ikut bekontribusi untuk sama-sama berkomitmen untuk mengurangi presentase buta huruf di Jawabarat. Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat untuk membina kualitas PKBM Patrakomala untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan non formal.

Kegiatan ini disambut baik oleh oleh Wakil Gubernur Jawabarat, Dirjen PAUD Dikmas, Bupati Garut yang turut hadir pada peringatan hari aksara internasional ke-54 tingkat Jawa Barat sebagai momentum untuk menyosialisasikan program percepatan pemberantasan buta huruf. Mereka semua berharap buta huruf harus diberantas dan tingkat buta huruf di Indonesia khususnya di Jawabarat mengalami penurunan hal itu dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x