Mohon tunggu...
Dwi Aditya Herfiansyah
Dwi Aditya Herfiansyah Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Senang menulis dan berkarya #dirumahaja

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Bagaimana Perkembangan Fleet Management System di Indonesia?

7 September 2022   23:22 Diperbarui: 7 September 2022   23:27 104 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar : Telkomseliot.com

Sudah tidak dipungkiri perkembangan dunia teknologi sekarang ini memberikan banyak perubahan, tidak kecuali dalam dunia bisnis. Penggunaan internet yang bukan saja untuk personal namun juga kebutuhan banyak perusahaan. Seperti salah satunya kemunculan dari internet on thing IoT yang telah dapat dimanfaatkan untuk para pemilik kendaraan sebagai cara pemantauan yang jelas dengan realtime. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari perusahaan telekomunikasi yang bersinergi dengan dunia otomotif. Telkomsel ikut andil dengan mengeluarkan fleet management sebagai pembantu dalam berbagai armada.
 
Penggunaan IoT sudah berkembang secara global dan bukan saja di Indonesia, hal itu dirasakan oleh semua orang. Apalagi dari pihak Telkomsel terus berupaya memberikan peningkatan kesiapan teknologi beserta jaringan untuk usaha dalam pembentukan ekosistem baru di IoT Indonesia. Memasuki era industri 4.0 dimana semua aspek dikuasai oleh teknologi sehingga perlu adanya perubahan, pembaharuan dan perkembangan dalam komunikasi, informasi dan lainnya. Karena hal itu sudah menjadi kunci utama dalam penentu daya saing di Indonesia.
 
Sebenarnya memang saat ini semakin banyak perusahaan yang menyediakan layanan fleet managemen seperti dari Telkomsel. Namun hal itu tidak membuat perusahaan telekomunikasi tersebut gentar, justru lebih ingin meningkatkan segala aspek yang diberikan kepada masyarakat. Misalnya dengan pemberian fitur yang dapat dirasakan seperti keamanan, efisiensi dan produktivitas dari sebuah armada yang menggunakan sistem tersebut. Jika membahas mengenai kelebihan dari produk Telkomsel tentu ada banyak, apalagi data yang diberikan sangat lengkap dari kendaraan seperti lokasi kendaraan, kecepatan, rute yang digunakan, kebiasaan mengemudi, konsumsi bahan bakar sampai dengan temperature kendaraan yang dapat dilihat secara real time.
 
Ada banyak manfaat ketika Anda sebagai pemilik perusahaan baik itu bidang logistic, distributor ataupun lainnya. Supaya lebih jelas, FMS memberikan solusi yang tepat ditengah maraknya kasus kriminal seperti pengemudi yang ugal-ugalan dan kejahatan lainnya. Berikut sederet layanan yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda yaitu:

  • Sudah pasti Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengawasi kondisi kendaraan melalui apapun data yang dikirimkan melalui jaringan telekomunikasi. 
  • Lebih mudah dalam mengumpulkan semua data kendaraan, baik itu untuk laporan, evaluasi ataupun yang lainnya. 
  • Memberikan pengawasan secara langsung baik dalam proses pengiriman ataupun saat rute perjalanan lainnya. 

  Dengan keuntungan yang bisa didapatkan seperti diatas, tidak heran jika sampai dengan saat ini penggunaan IoT semakin meningkat. Apalagi di Indonesia yang mengalami pandemi beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan yang membutuhkan selama proses sosial distancing dilakukan dengan pengurangan jumlah karyawan dan sebagainya. Dari sebuah data dikatakan adanya peningkatan sekitar 63% lebih perusahaan yang menyerahkan pengawasan kendaraan untuk memobilisasi melalui kecanggihan teknologi masa kini. 

  Lonjakan penggunaan e commerce juga salah satu penyebab banyak perusahaan logistic akhirnya memutuskan untuk memantau setiap armada. Selain lebih efisien juga lebih memastikan tidak adanya tindak kecurangan yang sering dilakukan banyak karyawan. Ditambah untuk logistic memang lebih berhadapan dengan waktu terbatas namun pelayanan sampai dengan konsumen harus maksimal, inilah salah satu solusinya. 

  Sekian banyak ulasan diatas, masih ada pertanyaan juga mengenai IoT di Indonesia apakah cocok? Apalagi ditambah banyaknya infrastruktur teknologi yang belum merata secara luas, pasti ada kendala. Namun ketika Anda memutuskan untuk menggunakan produk dari Telkomsel dalam memberikan jaminan atas jaringan yang jauh lebih luas untuk menghindari masalah dalam pemanfaatan produk fleet management. 

Tulisan ini dapat dipertanggung jawabkan, dan saya ambil dari sumber terpercaya pada postingan blog Telkomsel IoT tentang "Mengenal IoT Fleet Management System di Indonesia" atau bisa cek pada link di bawah ini.

https://telkomseliot.com/id/berita-insight/mengenal-iot-fleet-management-system-di-indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan