Mohon tunggu...
Dwi Klarasari
Dwi Klarasari Mohon Tunggu... Write from the heart, edit from the head ~ Stuart Aken

Editor | Penulis | Penggemar Fotografi | https://dwiklarasari.blogspot.com/ fb: Dwi Klarasari twitter: @dwiklarasari IG: @dwiklara_project

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Tidak Ada Lahan, Dinding pun Jadi

27 September 2020   23:46 Diperbarui: 29 September 2020   04:31 401 39 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Ada Lahan, Dinding pun Jadi
Foto: Dokumentasi pribadi

 

Keterbatasan lahan bukan kendala untuk menciptakan rumah yang asri dan alami dengan tanaman hias. Tidak ada lahan, dinding pun jadi!

Benar! Memanfaatkan bidang dinding menjadi salah satu solusi mengatasi keterbatasan lahan ketika ingin memelihara tanaman hias. Konsep menanam demikian dikenal sebagai  taman vertikal (vertical garden). Aplikasi tanaman hias yang membuat dinding terkesan hidup ini dapat diterapkan pada dinding bagian dalam maupun luar rumah.  

Ada beberapa cara penerapan taman vertikal atau taman dinding, mulai yang paling sederhana berbiaya kecil sampai yang cukup rumit dengan biaya mahal. Yuk kita telusuri, kira-kira manakah tipe yang paling pas untuk diterapkan di rumah.

Menanami Bidang Vertikal dengan Cara Sederhana

Cara membuat taman vertikal paling sederhana adalah dengan merambatkan tanaman langsung pada bidang dinding atau dengan membuat kerangka/teralis. Jenis tanaman hias yang sesuai, antara lain sirih-sirihan, dolar, alamanda, morning glory, dan golden moneywort.  

Tanaman merambat morning glory (Sumber: bungabunga.co.id)
Tanaman merambat morning glory (Sumber: bungabunga.co.id)

Foto: Dokumentasi pribadi
Foto: Dokumentasi pribadi
Cara sederhana lain yag dapat dilakukan yaitu menggantung atau menyusun sejumlah pot pada bidang dinding yang dipilih. Sejumlah pot dapat langsung digantung dengan paku atau lebih dahulu dibuatkan rangka dari kayu atau besi.

Pot tanaman hias paling sederhana dapat dibuat dari berbagai wadah bekas, seperti botol plastik/kaca, kaleng roti, pipa paralon PVC, dan bekas talang (aluminium). Kita juga bisa membuat wadah dari kayu atau material lain, baik barang bekas maupun yang dibeli baru. Membeli pot yang siap digantung atau ditempel pada dinding juga bisa menjadi pilihan paling gampang.

Sumber: rebuildgarden.com
Sumber: rebuildgarden.com

Sumber: www.homestolove.com.au
Sumber: www.homestolove.com.au

Membuat Ceruk Artifisial pada Dinding 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x