Mohon tunggu...
Dwi Isnaini
Dwi Isnaini Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mompreneur yang menyukai dunia tulis menulis

Owner CV Rizki Barokah perusahaan dalam bidang makanan ringan. Penulis buku "Karakter Ayah Pebisnis untuk Sang Anak Gadis"

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Air Demineral Baikkah untuk Kesehatan?

25 September 2021   16:52 Diperbarui: 27 September 2021   03:29 203 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemarin saya di tawari menjadi salah satu distributor air mineral dalam kemasan. Setelah saya cek harga dari produsen dengan harga di pasar, ternyata harga amdk itu lebih tinggi dibanding kompetitornya. 

Saya sudah menyampaikan ke pihak produsen kalau harga yang dipatok terlalu tinggi. Tetapi sang produsen tetap bersikeras mengatakan kalau produknya mempunyai kualitas lebih tinggi sehingga harga yang dibandrol lebih tinggi.

Setelah saya melihat sampel barangnya, saya menemukan ada tulisan air demineral di kardusnya. Kemudian saya mencari informasi apa maksud tulisan tersebut? Itukah yang diklaim produsen bahwa amdk yang ditawarkannya mempunyai kualitas yang lebih tinggi?

Dikutip dari laman tanindo.com, Air, baik itu air tanah, air tawar, ataupun air asin sekalipun mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi. Mineral yang berbahaya yang terkandung dalam air antara lain berupa magnesium dan kalsium.

Untuk menghindari risiko penyakit akibat mengonsumsi mineral berbahaya tersebut, kini telah dikenal proses demineralizer untuk memurnikan air. Air hasil demineralizer tidak hanya aman dikonsumsi manusia, tetapi juga bisa diaplikasikan pada bidang industri.

Menurut Dr. Charles Mayo dari Mayo Clinic , tubuh manusia membutuhkan mineral organik yang bisa didapat dari sayur, buah, maupun daging. Sementara mineral yang ada dalam air biasa adalah mineral anorganik yang sebetulnya tidak dibutuhkan tubuh. 

Mineral jenis ini membuat sel tubuh bekerja lebih berat. Karenanya, minum air yang tidak mengandung mineral atau sedikit mineral akan lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Dikatakan juga oleh Dr. Allan E. Bani lewat bukunya Your Water and Your Health, mengonsumsi air non mineral tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan, melainkan bermanfaat ganda, karena tidak menambah kadar mineral anorganik yang sudah lama tertimbun dalam jaringan tubuh, dan membantu membersihkan mineral anorganik yang terdapat di dalam tubuh.

Air demin atau air aquades adalah air yang tidak memiliki kandungan mineral di dalamnya. Mineral-mineral yang terkandung dalam air tersebut sudah melalui proses pemurnian, sehingga air bebas dari kontaminan berbahaya dan aman diminum. Air ini juga populer disebut sebagai air murni atau air kosong.

Orang zaman dulu biasa mengonsumsi air demineral dengan cara meminum air embun pagi, tentu saja di zaman dahulu belum banyak polusi yang mengotori udara. Air demineral lebih utama dikonsumsi terlebih saat sedang sakit dengan tujuan dapat memperoleh manfaat penyembuhan darinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan