Mohon tunggu...
dwi nurhayati
dwi nurhayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

baca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perbandingan Antara Jaringan 3G dan 4G

21 September 2022   23:05 Diperbarui: 21 September 2022   23:11 130 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

3G(dalam bahasa inggris:third generation  technology) yang merupakan generasi ke tiga teknologi ,sebuah standar yang di tetapkan oleh international Telecommunication union yang di adopsi dari IMT-2000 untuk di aplikasikan ke dalam jaringan telepon seluler.Generasi 3G dimana,kecepatannya sudah sedikit lebih baik inilah awal dari  adanya internet dalam telepon genggam.Cara kerja 3G bekerja dengan mengirimkan dan menerima sinyal radio untuk dan dari stasiun pusat lalu di hubungkan ke telpon pribadi dengan jaringan.Namun informasi dari Keminfo saat ini, bahwa untuk meminta operator mulai menyiapkan rencana untuk mematikan 3G sehingga bisa maksimalkan pelayannan data di 4G maupun 5G.

Sedangkan 4G(dalam bahasa inggris:fourth genaration technology)yang merupakan generasi ke empat teknologi telepon seluler.4G merupakan perkembangan dari teknologi 2G dan 3G. jaringan 4G menyediakann jaringan pita lebar ultra untuk untuk berbagai perlengkapan elektronik  contohnya ponsel cerdas dan laptop menggunakan modem USB.cara kerja 4G lebih meningkat daripada jaringan 3G terutama dalam peningkatan transfer data.

Perbedaan yang mencolok antara 3G dan 4G terdapat pada kecepatannya, 3G  hanya mengirimkan data hingga kecepatan 3,1 Mbps dengan rata-rata berada rentang 0,5 sampai 1,5 Mbps.Sedangkan 4G mampu mengirimkan data pada rentang 2 sampai 12 Mbps secara umunya pada kecepatan 100 sampai 300Mbps.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan