Pendidikan untuk anak usia dini amat penting sekali, titik awal perkembangan yang harus dijembatani dengan baik untuk memasuki fase yang lebih matang.Ā
Masa-masa ia masih bermain harus lebih diarahkan untuk merangsang kreatifitas, kepedulian, keaktifan dalam mengenal lingkungan sekitar mereka. Terutama juga kesiapan mereka dalam hal membaca dan menulis.Ā
Anak sudah diperkenalkankan dengan huruf dan angka tentunya metode yang digunakan adalah sesuai dengan usianya yaitu pembelajaran yg menyenangkan. Agar mereka tetap semangat dalam menerima materi dan bisa memahaminya.Ā
Untuk saat ini jenjang formal usia sekolah dasar kelas satu, anak sudah harus mampu membaca dan menulis itu paling tidak. Karena materi yang diterima bahkan diujikan sudah mengandung nalar. Dan sudah bisa membaca mau tidak mau adalah sebuah tuntutan.Ā
Disini tentunya terjadi sekat yang tinggi antara TK yang tidak boleh di ajarkan belajar membaca dengan lebih dalam, sedangkan jika tidak diajarkan mereka akan tertinggal tentunya.Ā
Alangkah baiknya jenjang lembaga pendidikan formal satu sama lain mempunyai kesiapan masing-masing. Bagaimna pola pembelajaran yang diajarkan di TK (membaca/menulis) tetap menyenangkan, sedangkan di SD guru juga punya program untuk menerima anak didik yang belum mampu membaca dan menulis, sebagai bentuk kesiapannya. Misalnya, sepulang jam pelajaran usai anak dilatih membaca.Ā
Tentunya dari sekian banyak pola pembelajaran yang diterima anak, peran orangtua lah yang sangat membantu. Bentuk dukungan dan kesadarannya tentang situasi dan kondisi anaknya dalam belajar.Ā