Mohon tunggu...
Dwi Wahyuni
Dwi Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Universitas Diponegoro Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya angakatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Mengedukasi Warga tentang Penerapan 3M dan Berhasil Membentuk Tim Relawan

27 November 2021   07:13 Diperbarui: 27 November 2021   07:18 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Bumirejo, Karangawen -- Sabtu ( 27 --11 --2021 ) -- Universitas Diponegoro saat ini sedang melaksanakan kegiatan KKN TEMATIK yang bekerja sama dengan UNICEF yang mengusung tema "Sinergitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah". Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 42 hari terhitung mulai tanggal 18 Oktober 2021 -- 28 November 2021. Dengan adanya kegiatan KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF ini dapat mempercepat vaksinasi serta dapat mencegah penularan COVID-19 di provinsi Jawa Tengah.

Desa Bumirejo, Kecamatan Karangawen merupakan Desa yang menjadi tempat KKN mahasiswi, yaitu  Dwi Wahyuni Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya. Desa Bumirejo dipilih sebagai tempat KKN karena Dwi Wahyuni merupakan warga asli dan tinggal di Bumirejo.

Pada hari pertama KKN, mahasiswa KKN melakukan survei lokasi dan identifikasi masalah yang berkaitan dengan COVID-19 serta imunisasi. Selanjutnya melakukan diskusi kepada Bidan Desa Bumirejo serta Kepala Desa Bumirejo bapak Joko Sulistyo tentang permasalahan yang ada. Ternyata setelah melakukan identifikasi, masalah yang ada di Bumirejo yang berkaitan dengan tema KKN adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan 3M, masih ada yang belum mau diberi vaksin karena beberapa faktor antara lain, sedang hamil, pilih-pilih dalam jenis vaksin, serta mempunyai penyakit kronis.

Untuk imunisasi saat ini di Bumirejo terkendala dengan kurangnya jumlah vaksin imunisasi pada Baduta, padahal antusias masyarakat untuk memberikan imunisasi pada anaknya sangat tinggi, sehingga bidan Desa mengarahkan jika baduta  belum mendapatkan imunisasi enggan menunggu maka bisa melakukan imunisasi mandiri datang ke puskesmas atau klinik kesehatan yang berbayar. Untuk vaksinasi di kecamatan Karangawen masalahnya adalah kurangnya sumber daya manusia dalam kegiatan vaksinasi. Setelah mengetahui permasalahan yang ada, mahasiswa kemudian merancang rencana program KKN.

Rencana program utama diusung oleh mahasiswa sesuai dengan permasalahan di atas, yaitu edukasi tentang pentingnya vaksinasi, Imunisasi, serta pencegahan COVID-19, dan pembentukan tim relawan vaksinasi di wilayah Kecamatan Karangawen. Untuk rencana program tambahan yaitu pemantauan 3M di fasilitas umum dan di SD NEGERI 02 Bumirejo, serta pendataan Imunisasi Dasar Lengkap Baduta di wilayah RW 07.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam KKN tematik ini adalah  Dilakukannya observasi pada satu minggu pertama kegiatan KKN, guna mengetahui lokasi tempat KKN dalam 45 hari nanti, saat observasi juga dilakukan pendekatan bersama warga sekitar akan tetapi tetap menerapkan physical distancing dan menggunakan masker dan konsultasi kepada Bidan Desa, Serta melakukan perizinan di kecamatan Karangawen dan di Desa Bumirejo. Melakukan pemantauan 3M di SD Negeri 2 Bumirejo dan fasilitas umum selama 42 hari penuh saat melaksanakan kegiatan KKN. Pembuatan Poster Pencegahan Penularan COVID-19 serta Sosialisasi 3M di SD Negeri 2 Bumirejo dan di fasilitas umum.

Pelaksanaan program KKN pada minggu ketiga hingga minggu kelima, yaitu kegiatan Edukasi pencegahan penularan COVID-19 dan pembagian masker  dan handsanitizer kepada masyarakat. Kegiatan bersih desa, ajakan hidup sehat dan peningkatan imunitas masyarakat di RW 07. Kegiatan Minggu ke lima adalah pendataan IDL pada baduta di lingkungan RW 06-07.kegiatan Minggu terakhir adalah pembuatan video profil desa, dan pembuatan repostase KKN.

Dwi Wahyuni -- FIB UNDIP 2018
Dosen pembimbing : Ir. Gentur Handoyo
Desa Bumirejo, Kecamatan Karangawen
KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan