Mohon tunggu...
Dwi AgustinaNurlaeli
Dwi AgustinaNurlaeli Mohon Tunggu... Guru - guru tk

saya seorang guru tk

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

9 Desember 2022   22:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:02 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Masih rendahnya pemahaman siswa dalam mengenal angka

Lokasi di TK PGRI Manduraga

Lingkup Pendidikan PAUD Formal

Tujuan yang ingin dicapai yaitu Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengenal angka

Penulis : Dwi Agustina Nurlaeli

tanggal pelaksanaan yaitu 11-12 November 2022

Situasi: 

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah,
  • Yang menjadi latar belakang masalah dalam pelaksanaan pembelajaran ini yaitu :
  • siswa masih kurang dalam mengenal angka
  • dalam menuliskan angka siswa masih sering terbolak-balik
  • siswa belum memahami betul konsep membilang dengan angka
  • strategi yang dilakukan guru masih monoton
  • mengapa praktik ini penting untuk dibagikan,
  • Praktik ini penting untuk dilakukan yaitu sebagai:
  • motivasi saya sebagai seorang guru
  • referensi bagi teman sejawat atau sesama guru dalam memecahkan masalah yang sama
  • referensi bagi orang tua dalam mengajarkan angka kepada anak-anak mereka dengan menggunakan balok cuisenaire yang beraneka warna pada setiap ruasnya.
  • apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini, yaitu :
  • sebagai seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perkembangan anak.
  • sebagai seorang fasilitator dalam kegiatan pembelajaran
  • sebagai seorang motivator dalam kegiatan pembelajaran
  • sebagai seorang evaluator dalam kegiatan pembelajaran

Tantangan : 

  • Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
  • tantangan yang saya hadapi dalam mencapai tujuan tersebut yaitu:
  • dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media balok cuisenaire yaitu anak merasa kesulitan ketika anak memberikan tusuk gigi kedalam ruas balok cuisenaire untuk diurutkan dari angka 1-10.
  • dalam pelaksanaan pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lebih lama

  • Siapa saja yang terlibat,
  • yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran ini yaitu saya sendiri sebagai seorang guru yang merancang media balok cuisenaire yang dibantu oleh dosen pembimbing dan guru pamong dalam menentukan media yang tepat untuk pemahaman angka pada anak usia dini.

Aksi : 

  • Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu :
  • Guru memperkenalkan media balok cuisenaire kepada anak
  • Guru mengajak anak untuk menghitung jumlah balok cuisenaire sesuai dengan jumlah setiap ruas balok Cuisenaire.
  • Setelah anak mampu menghitung setiap ruas balok cuisenaire, guru meminta anak untuk menyebut urutan bilangan 1-10 dan menunjuk lambang bilangan 1-10
  • Guru meminta anak untuk menghubungkan lambang bilangan 1-10 pada balok Cuisenaire
  • bahan yang digunakan dalam pembuatan balok cuisenaire yaitu bahan yang aman untuk anak yaitu styrofoam
  • anak melakukan pengamatan terhadap bahan-bahan yang digunakan
  • Guru mengajak anak untuk menghitung kembali balok cuisenaire dengan menunjukkan angkanya
  • Guru memberikan potongan-potongan balok dari Styrofoam, tusuk sate dan tusuk gigi
  • Guru meminta anak untuk membuat balok cuisenaire sendiri

  • strategi apa yang digunakan, yaitu :
  • menyusun perangkat pembelajaran berupa RPPH, media pembelajaran, bahan ajar, LKPD, dan penilaian pembelajaran.
  • menggunakan model pembelajaran project based learning  dengan menggunakan metode bercakap-cakap, demonstrasi, dan pemberian tugas.
  • membuat kegiatan main dengan berorientasi pada steam dan menggunakan LKPD
  • pembelajaran dengan menggunakan unsur HOTS yaitu 4 C Communication, Critical Thinking, Collaboration, Creativity
  • pembelajaran menggunakan media yang berbasis dengan TPACK

  • bagaimana prosesnya, yaitu
  • guru menyediakan berbagai kegiatan untuk anak-anak
  • anak-anak memilih kegiatan yang mereka inginkan dengan diselesaikan secara tanggung jawab,
  • guru memberikan penilaian kepada hasil kerja anak

  • siapa saja yang terlibat
  • dalam kegiatan pembelajaran ini yang terlibat di dalamnya yaitu:
  • anak-anak TK Kelompok B yang berjumlah 9 anak
  • saya selaku guru yang melaksanakan pembelajaran ini
  • teman sejawat dan saudara yang membantu proses pembuatan video
  • kepala sekolah selaku pimpinan yang memberikan izin dalam proses pembelajaran

  • Apa saja sumber atau materi untuk menggunakan media balok cuisenaire yaitu Menurut Eliyawati (2005) (dalam Gilar Gandana, 2017) balok cuisenaire diciptakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak, pengenalan bilangan, dan untuk peningkatan keterampilan anak dalam bernalar.
  • Kutipan dari :
  • Gandana, Gilar. 2017. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk At-Toyyibah”. Jurnal PAUD Agapedia Vol. 1, No. 1: 92-105. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/issue/view/803

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun