Mohon tunggu...
Surahmad Djoko Wiyono
Surahmad Djoko Wiyono Mohon Tunggu... Freelancer - Bapak Rumah Tangga

Seorang pekerja lepas dalam bidang digital marketing.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenal Katarak Mata dan Cara Menghilangkannya

25 Oktober 2021   09:23 Diperbarui: 25 Oktober 2021   09:33 97 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Operasi Katarak (source:freepik)

Ketika beberapa orang berada dalam usia lanjut, pada umumnya mereka memiliki persamaan keluhan terutama seputar penglihatan, yaitu katarak. Apa itu katarak? Katarak adalah keadaan saat lensa mata jadi kotor dan berawan. Kondisi seperti ini membuat para penderita merasa kebingungan dan terganggu karena masalah pandangan. Oleh sebab itu beberapa pasien kerap kali mencoba atau melakukan usaha untuk menghilangkan katarak secara aman dan efisien.

Penderita mata katarak pada umumnya didominasi oleh orang-orang lanjut usia, tapi tidak tutup peluang masalah ini dialami oleh orang muda juga. Bahkan juga, katarak dapat dialami oleh bayi baru lahir yang saat hamil ibunya menanggung derita infeksi.

Kemungkinan sebelumnya pasien tidak alami masalah yang memiliki arti, tapi makin lama katarak semakin berasa mengusik. Pada tahapan kronis, katarak dapat mengusik kegiatan setiap hari dan dapat memunculkan kebutaan.

Tetapi, Anda tak perlu cemas terlalu berlebih saat Anda atau bagian keluarga alami katarak. Karena masalah mata ini dapat ditangani dengan efisien dan cepat. Satu diantaranya dengan perlakuan operasi katarak yang di-claim aman dan memberikan hasil berarti.

Langkah-Langkah Menghilangkan Katarak Dengan Benar

Anda tentu ingin ketahui langkah paling baik untuk hilangkan katarak. Nach, Anda akan selekasnya memperoleh jawaban sesudah membaca pembahasan ini. Salah satunya langkah paling baik untuk hilangkan katarak adalah dengan bertindak operasi katarak.

Jika Anda menghindar operasi, dokter akan merekomendasikan beberapa perlakuan seperti memberikan ukuran kacamata terkini, lensa pembesar, atau kacamata hitam anti silau. Tetapi, jika anjuran itu kurang dapat memberikan faedah, pada akhirnya dokter masih tetap merekomendasikan untuk operasi katarak.

Ide operasi katarak adalah dokter akan mengusung lensa mata berbicararak lalu menukarnya dengan lensa bikinan. Dahulu keseluruhnya lensa mata dikeluarkan, hingga memunculkan cedera irisan yang lebar. Kelemahan pada sistem ini adalah proses rekondisi lebih lama.

Dengan mengembangnya tehnologi klinis, sekarang lensa mata tidak dikeluarkan secara utuh tetapi dihancurkan memakai mesin phako dengan energi ultrasound (32.000 getaran/detik). Lantas lensa diaspirasi sampai bersih baru selanjutnya terpasang lensa intraocular.

Tehnik operasi ini diberi nama phacoemulsification. Tehnik ini di-claim mempunyai proses rekondisi bisa lebih cepat karena cedera insisi kornea benar-benar kecil, cuman sekitar 2,5 mm. Anestesi yang dipakai juga cukup hanya tetes mata seringkali saat sebelum operasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan