Mohon tunggu...
Ariesa Pandanwangi
Ariesa Pandanwangi Mohon Tunggu... Dosen - Perempuan, tinggal di Bandung

Staf pengajar PT Swasta di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Proses Kreatif "Sakola"

28 Oktober 2018   06:46 Diperbarui: 28 Oktober 2018   08:41 231 0 0 Mohon Tunggu...

Sakola adalah istilah dalam bahasa Sunda yang merupakan terjemahan dalam arti kata SEKOLAH. Kata ini menjadi tajuk yang diusung oleh 14 orang guru dari Jawa Barat untuk mempersembahkan karya mereka lukis batik dalam Hari Guru Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 25 November 2018.

Dari satu bulan lalu proses pembuatan karya seni lukis batik sudah dimulai, demikian pula dengan proses kuratorial bersama Citra Smara Dewi, seorang kurator dari Galeri Nasional Indonesia. Dengan jadwal yang ketat dalam proses persiapan pameran, ke 14 orang guru ini dapat mengikuti dengan baik.

Setelah selesai proses melukis batik, selanjutnya adalah proses pengukusan yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah dikukus dikeringkan dengan menggunakan kipas angin. Salah satunya hasil karyanya yang dibuat oleh Nina Irnawati adalah seperti di bawah ini. Judul karya ini adalah bermain kendang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x