Mohon tunggu...
DUHA AHMARY
DUHA AHMARY Mohon Tunggu... Penulis - semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi anda

saya tutur duha ahmari lahir di mandailing nataltahun 1999 bulan maret tanggal 07

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Fenomena Sekolah Unggul dan Sekolah Mahal

21 April 2021   12:38 Diperbarui: 21 April 2021   12:48 430 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fenomena Sekolah Unggul dan Sekolah Mahal
qnaveed.com

latar belakang 

pada zaman sekarang banyak sekali sekolah  yang sangat percaya diri dengan sikap berbagai konsep dan ilusi mereka ,para birokrat-birokrat sekolah ataupun lembaga merasa mampu menciptakan sekolah unggul deangan biaya yang tentunya tidak murah,mereka menganggap bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mahal.

sekolah unggul 

Munculnya sekolah unggul adalah upaya penigkatan dan pengembangan SDM,terutama menyongsong pembangunan jangka panjang II dan di resmikannya program wajib belajar 9 tahun,salah satu tujuannya adalah menjaring sekaligus mengembangkan kader bangsa yang baik  dalam artian memiliki kelebihan dan keunggulan dari para siswa sehingga di harapkan mampu mengantisipasi dan menjawab berbagai tantangan zaman .

namun perlu dicermati kembali karena ada yang kurang akat unggul di sini menyiratkan otoritas atau sikap yang berlebihan dengan sekolah lainnyan yaitu menyombongkan intlektual yang sengaja di tampakkan oleh sekolah tersebut Dalam konsep sekolah unggulan yang ada sekarang diterapkan sekedar untuk menciptakan prestasi siswa, dirancang kurikulum yang sarat muatan , diajar guru -- guru yang berkualitas, dengan sarana yang bagus, tapi biayanya sangat mahal. Padahal sekolah unggulan yang sebenarnya, dapat dicapai dengan seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal. Mulai dari tenaga administrasi, pengembangan kurikulum, tenaga pendidikan, termasuk masyarakat harus dilibatkan secara berdaya guna, karena sumberdaya itu akan dapat menciptakan iklim dan kultur yang mampu membentuk keunggulan sekolah. 

bsekolah mahal

  pada dasarnya Laju pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, bahkan oleh Bank Dunia disebut ajaib, di negara kita ternyata berdampak secara positif terhadap munculnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai. Kalau kita perhatikan dalam beberapa tahun yang terakhir ini telah muncul sekolah-sekolah yang fasilitasnya sangat memadai. Fasilitas yang disediakan oleh sekolah-sekolah tersebut terhitung sangat memadai untuk rata-rata sekolah di Indonesia, misalnya saja bangunannya yang megah, ruang belajarnya yang sejuk dan ber-AC, buku-buku perpustakaannya yang lengkap, sarana olahragan yang memadai, guru yang profesional, suasana belajarnya yang akademis, dan sebagainya.

Tentu hadirnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai tersebut layak mendapat sambutan karena sarana pendidikan dan fasilitas belajar yang memadai dapat menumbuhkan suasana aka-demis yang memadai pula yang pada akhirnya akan menghantarkan pencapaian prestasi belajar siswa secara memuaskan. Secara fisik memang demikianlah seharusnya kita dalam menyelenggarakan sekolah bagi putra-putra bangsa kita. Sekarang sudah tidak jamannya lagi menyelenggarakan sekolah dengan bangunan yang tidak kokoh, atapnya bocor, dindingnya berlubang, perpustakaannya tidak ada, fasilitas olahraganya memprihatinkan, manajemennya seadanya, dan penguasaan ilmu gurunya sudah "out of date"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan