Â
 Sumber : 1. Putusan Nomor 155/Pdt.G/2019/PN.Bdd pada hari Selasa, tanggal25 Juni 2019
           2.Putusan MA Nomor 170 K/Pdt.Sus-BPSK/2020,hari Selasa tgl 21 Januari 2020   (putusan.mahkamahagung.go.id )Â
Kaidah Hukum
Bahwa transaksi melebihi batas limit dan tidak wajar, dan ternyata Bank tidak berupaya mencegah dengan prosedur melakukan/menunggu konfirmasi lebih dahulu dari nasabah pemilik kartu kredit (Benny Ridarman ) tapi langsung mencairkan, maka pihak Bank/Pemohon Keberatan terbukti tidak melakukan kehati-hatian
Perkara antara : CITIBANK NA, berkedudukan di Jalan Jendral Sudirman,Kavling 52-53, Jakarta Selatan, sebagai PENGGUGAT DALAM KEBERATAN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Melawan Â
BENNY RIDARMAN, bertempat tinggal di Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, sebagai TERGUGAT DALAM KEBERATANÂ
A.Fakta HukumÂ
  bahwa Tergugat Dalam Keberatan,  sebagai pemegang kartu kredit Bank tersebut,  telah menerima surat tagihan (billing statement) atas 3 (tiga)        transaksi  yang menurut Tergugat Dalam Keberatan tidak pernah dilakukan Tergugat Dalam Keberatan dengan total sebesar Rp14.867.945,-,           sedangkan Batas limit kartu kredit Tergugat Dalam Keberatan adalah Rp. 12.000.000,-
 B.PertanyaanÂ
   Apakah Bank bisa mencairkan transaksi kartu kredit yang  melampau batas limit kartu kredit ?Â