Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jenis-jenis Spa dan Manfaatnya

21 Februari 2024   14:33 Diperbarui: 21 Februari 2024   14:38 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, jenis-jenis-spa dan manfaatnya

Spa memiliki beberapa jenis serta manfaat yang baik untuk kulit. Spa merupakan sebuah perawatan kulit dan kecantikan yang bermanfaat untuk merileksasi kulit tubuh. Umumnya, perawatan jenis ini menggunakan racikan dari ramuan herbal yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis spa dan manfaatnya, kamu bisa mengulas artikel berikut.

Dalam penjelasan yang dipaparkan, kamu akan mengetahui apa saja jenis-jenis spa yang kerap ditemukan di klinik kecantikan. Ada banyak pilihan spa yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan kulit tubuh. Mulai dari bahan yang digunakan hingga teknik yang dilakukan menjadi keunggulan dari perawatan spa yang tidak didapatkan dari treatment lainnya.

Inilah beberapa jenis-jenis spa beserta manfaatnya untuk kulit yang perlu diketahui:
1. Spa Tradisional
Spa tradisional sering kali menggunakan bahan-bahan alami dan teknik pijat tradisional untuk merilekskan tubuh dan meremajakan kulit. Manfaatnya termasuk meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan toksin, dan melembapkan kulit.

2. Spa Aromaterapi
Spa aromaterapi menggunakan minyak-minyak esensial yang memiliki aroma terapipeutik untuk merelaksasi dan menyegarkan pikiran serta tubuh. Minyak esensial yang dipilih dengan hati-hati dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

3. Spa Anti-Penuaan
Jenis spa ini fokus pada perawatan anti-penuaan untuk kulit. Termasuk perawatan wajah yang dapat mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan meningkatkan kekenyalan kulit. Perawatan seperti facial, peeling, dan penggunaan produk anti-penuaan sering kali termasuk dalam program ini.

4. Spa Air Panas (Hot Spring)
Spa air panas atau hot spring menggunakan air mineral alami yang kaya akan mineral untuk merilekskan otot, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah. Air mineral ini juga dapat membantu membersihkan kulit dan memperbaiki teksturnya.

5. Spa Medis
Spa medis menawarkan perawatan yang lebih terfokus dan sering kali terhubung dengan prosedur medis seperti penggunaan laser, peeling kimia, atau injeksi filler. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, bintik-bintik penuaan, atau hiperpigmentasi.

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis spa dari pemaparan di atas, ketahui juga manfaat-manfaat yang bisa didapatkan:
- Melembapkan kulit dan meningkatkan kelembutannya
- Meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu menyediakan nutrisi penting ke kulit
- Mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi
- Mengurangi kemunculan masalah kulit seperti jerawat atau ruam
- Menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar
- Merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit

Dari ulasan di atas, pembaca jadi lebih tahu soal jenis-jenis spa beserta manfaatnya yang baik untuk kulit. Pijatan-pijatan yang dilakukan saat spa bisa merileksasi kulit tubuh. Sehingga, sirkulasi darah akan berjalan dengan baik. Tubuh akan terasa lebih ringan, sehat, dan lembap.

Spa treatment atau perawatan spa ini digemari oleh kebanyakan orang lantaran manfaatnya yang berkualitas untuk kulit tubuh. Di klinik kecantikan manapun, pasti ada pilihan spa treatment sebagai salah satu jenis perawatannya. Selain karena prosedurnya yang menenangkan, perawatan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun