Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Atasi Kulit Berminyak Area T-Zone

12 Februari 2024   15:07 Diperbarui: 12 Februari 2024   15:17 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik, atasi kulit berminyak area t-zone

T-zone atau kulit yang ada di area dahi, hidung, dan dagu adalah area yang kerap kali mengalami masalah kulit, seperti jerawat dan minyak berlebih. Umumnya, area T-zone ini lebih banyak memproduksi sebum sehingga sering menimbulkan jerawat. Ketahui mengatasi masalah kulit berminyak di area T-zone dengan mengulas informasi berikut.

Bagi pemiliki kulit berminyak, pori-pori di sekitar area T-zone seringkali tersumbat oleh produksi sebum yang berlebih. Pori-pori yang tersumbat menyebabkan munculnya bakteri pada kulit wajah. Hal inilah yang membuat area T-zone rentan menghadapi masalah kulit.

Untuk mengatasinya, simak dan terapkan beberapa langkah berikut agar T-zone bebas keluhan:
1. Cuci Wajah Secara Teratur
Membersihkan wajah secara teratur adalah langkah penting dalam mengendalikan produksi minyak. Gunakan pembersih wajah yang lembut namun efektif, idealnya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

2. Gunakan Pembersih Tepat
Pilih pembersih yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau benzoyl peroxide, yang membantu mengendalikan minyak dan membersihkan pori-pori.

3. Hindari Pencuci Wajah yang Mengandung Minyak
Pastikan produk yang digunakan tidak mengandung minyak tambahan, karena hal ini dapat meningkatkan minyak di area T-zone. Untuk kulit berminyak, hindari produk-produk yang memiliki kadar minyak tinggi.

4. Gunakan Toner
Jangan lupa untuk menggunakan toner usai membersihkan wajah. Toner dapat membantu mengontrol produksi minyak dan menyeimbangkan pH kulit. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti witch hazel, asam salisilat, atau tea tree oil.

5. Gunakan Pelembap Ringan
Bagi pemilik kulit berminyak, pelembap ringan tetap wajib digunakan. Hindari pelembap berat atau krim yang bisa menyumbat pori-pori, pilihlah pelembap dengan tekstur yang ringan.

6. Gunakan Masker Tanah Liat
Masker tanah liat atau clay mask dapat membantu menyerap kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori. Gunakan masker ini seminggu sekali atau sesuai kebutuhan untuk mengurangi produsi minyak berlebih pada kulit.

7. Hindari Sentuhan Berlebihan
Hindari menyentuh wajah secara berlebihan karena minyak dan kotoran dari tangan dapat memperparah kondisi kulit. Pastikan tangan bersih terlebih dahulu agar kulit tidak terpapar kotoran yang tersalurkan melalui anggota badan lainnya.

8. Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup
Konsumsi makanan sehat dan minum air yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan minyak di kulit. Hindari makanan berlemak dan makanan cepat saji yang dapat meningkatkan produksi minyak berlebihan. Bukan cuma pola makan saja, pola tidur juga penting bagi stabilitas kesehatan kulit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun