Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Manfaat Kimchi untuk Kecantikan & Kesehatan!

7 Desember 2023   11:57 Diperbarui: 7 Desember 2023   12:12 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, manfaat kimchi untuk kecantikan dan kesehatan

Apakah kamu penggemar drama Korea atau drakor? Bagi kamu yang gemar menonton drama Korea pasti sudah tak asing lagi dengan kimchi. Makanan ini menu yang selalu ada saat menyantap makanan Korea. Selain enak, manfaat kimchi juga sangat beragam bagi kesehatan. Kimchi sebetulnya adalah sayur kubis yang diawetkan dengan bumbu pedas. Secara historis di Korea, tidak selalu memungkinkan untuk menanam sayuran segar sepanjang tahun.

Oleh karena itu, orang mengembangkan metode pengawetan makanan, seperti pengawetan dan fermentasi, yakni suatu proses yang menggunakan enzim untuk membuat perubahan kimiawi dalam makanan. Kimchi biasanya mengandung bumbu seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Meskipun biasanya difermentasi selama beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum disajikan, sayuran ini juga dapat dimakan segar. 

Makanan ini tidak hanya lezat, tetapi ada juga manfaat kimchi yang ditawarkan, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bakteri Lactobacillus dalam kimchi juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Mengutip Journal of Microbiology and Biotechnology, dalam sebuah penelitian pada tikus, mereka yang disuntik dengan Lactobacillus plantarum, yakni strain spesifik yang umum pada kimchi dan makanan fermentasi lainnya, memiliki tingkat TNF alpha, penanda inflamasi, yang lebih rendah dari kelompok lain. Karena kadar alfa TNF sering kali meningkat selama infeksi dan penyakit, penurunan mengindikasikan bahwa sistem kekebalan bekerja secara efisien.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Kimchi merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber antioksidan beta karoten yang baik. Kandungan beta karoten telah dikaitkan dengan kesehatan mata yang lebih baik, terutama seiring bertambahnya usia, dan merupakan salah satu nutrisi terpenting dalam hal penglihatan.

3. Menurunkan Berat Badan
Makan satu porsi kimchi tidak akan secara ajaib membuat berat badan langsung turun. Namun, ini bisa menjadi salah satu gaya hidup sehat yang baik untuk menurunkan berat badan. Manfaat kimchi adalah pilihan sayuran kaya rasa yang rendah kalori. Orang cenderung makan berlebihan saat makanannya membosankan atau hambar, tetapi saat kamu menambahkan kimchi dengan cita rasa unik, kamu akan lebih mudah untuk merasa puas dengan ukuran porsi yang lebih sehat.

4. Menurunkan resiko kanker
Kimchi mempunyai kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika mengkonsumsi kimchi secara teratur dan diimbangi dengan pola hidup sehat, maka akan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Memperlambat Penuaan Dini
Peradangan kronis tidak hanya dikaitkan dengan berbagai penyakit, tetapi juga mempercepat proses penuaan. Namun, manfaat kimchi mungkin memperpanjang umur sel dengan memperlambat proses ini. Mungkin ini yang membuat orang Korea tampak awet muda. Melansir International Journal of Medicinal Foods, senyawa fenolik, vitamin C, klorofil, dan karotenoid yang terdapat di dalam kimchi mampu memperpanjang umur sel dengan melawan radikal bebas.

Nah itu tadi manfaat kimchi untuk kecantikan dan kesehatan, kamu bisa mencobanya dan membuktikan khasiatnya secara langsung. semoga bermanfaat dan sehat selalu semuanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun