Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Urutan Pemakaian Skincare untuk Kulit Berminyak

5 Desember 2023   14:57 Diperbarui: 5 Desember 2023   15:07 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, urutan pemakaian skincare

Kulit berminyak menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu tampilan hingga aktivitas sehari-hari. Umumnya, kulit berminyak akan mengeluarkan banyak sebum dan membuat wajah lebih mengkilap atau terlihat kusam. Kulit yang berminyak akan menyebabkan pori-pori semakin membesar hingga mengakibatkan tekstur kulit akan tampak kasar.

Minyak pada kulit wajah disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari meningkatnya hormon, usia yang semakin bertambah, sering berkeringat, stres berlebih, hingga faktor keturunan. Bahkan sering mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat dan pola tidur yang buruk juga mengakibatkan sebum pada kulit meningkat. Kulit berminyak pada wajah dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri hingga menyebabkan kecemasan soal penampilan. Maka dari itu, lakukan beberapa pencegahan agar kulit berminyak dapat berkurang.

Tak perlu khawatir, ada urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak yang mampu mengurangi hingga menghilangkan sebum dan kotoran yang menempel pada wajah. Dengan mengkuti urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak, wajah akan terlihat lebih sehat dan tampak normal. Urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak dapat diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

Ada beberapa langkah urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak yang bisa diterapkan sehari-hari dari pagi hingga malam. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membersihkan wajah di pagi dan malam hari
Sebelum atau setelah berkegiatan, wajib membersihkan wajah menggunakan pembersih yang sesuai dengan tipe kulit berminyak.
Wajah yang memiliki tipe kulit berminyak harus membersihkan wajah secara menyeluruh di pagi hari. Selain itu, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan wajah karena saat itu sel-sel kulit sedang melakukan pelepasan dan memproduksi minyak. Maka dari itu, melakukan pembersihan wajah saat pagi dan malam hari merupakan rutinitas yang wajib dilakukan bagi pemilik kulit berminyak.

2. Menggunakan toner untuk tipe kulit berminyak
Setelah membersihkan wajah pagi dan malam hari, menggunakan toner merupakan urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak yang tepat dilakukan. Tentu saja, penggunaan toner ini harus dilakukan setelah wajah bersih dari kotoran apapun.
Produk yang bagus untuk kulit berminyak diusahakan harus mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat. Ketiga kandungan dalam toner tersebut merupakan bahan-bahan yang aman digunakan pada kulit sensitif.

3. Merawat kulit dengan skincare yang memiliki kandungan yang sesuai
Skincare dengan bahan benzoil peroksida dapat mengurangi produksi minyak berlebih hingga mencegah munculnya jerawat. Penggunaan skincare dengan kandungan ini bisa diaplikasikan pada pagi atau siang hari. Kandungan dalam produk yang dibutuhkan oleh kulit berminyak selanjutnya adalah retinol. Retinol memiliki manfaat untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Selain itu juga dapat membuat kulit tampak bercahaya dan tidak kusam.

4. Menggunakan pelembab wajah pagi dan malam hari
Terakhir, hal yang tidak boleh dilupakan dalam merawat kulit berminyak adalah penggunaan pelembab di pagi dan malam hari.
Banyak yang menyangkal jika kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembab karena akan menyebabkan kulit semakin lengket. Semua jenis kulit baik yang normal maupun berminyak, membutuhkan pelembab untuk melembabkan kulit. Maka dari itu, rekomendasi, pelembab untuk kulit berminyak haruslah yang  ringan, bebas minyak, dan berbahan dasar air.

Keempat urutan pemakaian skincare untuk kulit berminyak di atas, merupakan rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Dengan melakukannya secara rutin, kulit secara bertahap akan terbebas dari produksi minyak berlebih.

Bagi wajah dengan kulit berminyak, umumnya memang sensitif menggunakan beberapa produk skincare. Sehingga dalam pemilihan produk skincare tersebut, Anda harus mencari produk yang sesuai dengan tipe kulit berminyak agar sesuai dengan bahan serta kandungan yang dibutuhkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun