Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Perawatan Kulit untuk Ibu Hamil!

29 November 2023   11:41 Diperbarui: 29 November 2023   13:17 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, tips perawatan kulit untuk ibu hamil!

Tidak hanya mengkhawatirkan kesehatan calon bayi, ibu hamil juga perlu untuk merawat diri. Walaupun sedang mengandung, ibu hamil tentu saja tetap ingin terlihat cantik. Namun, ibu hamil perlu waspada terhadap produk perawatan kulit yang akan digunakan selama mengandung, karena tidak semua bahan aman digunakan untuk janin.

Kulit ibu hamil sangat berbeda dengan kulit normal pada umumnya. Sehingga perlu kepedulian yang berbeda dalam merawatnya. Dalam artikel berikut, Anda bisa mengetahui penjelasan seputar tips perawatan kulit untuk ibu hamil yang dapat menjawab pertanyaan seputar hal yang bersangkutan.

Ada beberapa tips perawatan kulit untuk ibu hamil saat mengandung yang bisa dilakukan sebagai rutinitas merawat diri. Tanpa perlu kebingungan lagi, berikut tips perawatan kulit untuk ibu hamil yang perlu diketahui:  

1. Pilih produk yang aman untuk kehamilan
Selektif dalam memilih produk skincare dan kecantikan adalah hal yang harus dilakukan ibu hamil jika ingin tampil cantik. Pilih produk yang aman dan terbebas dari zat berbahaya untuk janin menjadi suatu keharusan bagi ibu hamil sebelum menggunakan skincare maupun kosmetik.

2. Rajin mencuci dan membersihkan wajah
Meskipun dalam keadaan mengandung, ibu hamil tetap harus mencuci dan membersihkan wajah dengan cairan pembersih wajah yang aman digunakan. Dengan membersihkan wajah secara konsisten, kulit menjadi lebih bersih dan terawat.

3. Hindari penggunaan zat toksin
Zat toksin merupakan salah satu bahan yang berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil karena beracun bagi tubuh. Zat toksin yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah produk-produk yang memiliki kandungan berupa timbal, merkuri, dan hydroquinone.

4. Gunakan bahan-bahan alami
Menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit dan wajah merupakan jalur alternatif yang dapat membantu bumil tetap terlihat cantik saat mengandung. Bahan-bahan alami ini dapat digunakan sebagai perawatan kulit dan wajah dalam bentuk masker. Masker telur, jeruk nipis, bengkoang, dan susu bisa digunakan oleh ibu hamil saat mengandung. Telur dan jeruk nipis akan membantu mencerahkan kulit wajah. Masker bengkoang bermanfaat untuk melembapkan wajah, sedangkan masker susu atau madu bisa membuat kulit wajah ibu hamil tampak lebih sehat. Bahan-bahan alami ini dipercaya aman digunakan oleh ibu hamil saat mengandung dan tidak membahayakan janin atau bayi yang ada di dalam kandungan.

5. Melakukan Diet Sehat
Saat hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat serta mengontrol pola makan yang teratur karena kondisi kulit normal dan kulit ibu hamil sangatlah berbeda. Adanya kompilasi pada kulit saat mengandung, membuat ibu hamil harus berhati-hati dalam merawat diri. Maka dari itu, ibu hamil harus melakukan diet sehat dengan menyantap makanan-makanan sehat mulai dari sayur, kacang-kacangan, hingga aneka buah segar. Tidak hanya memberi nutrisi pada calon bayi, ibu hamil juga bisa memberi asupan pada kulit agar terlihat lebih sehat dan terawat.

Melalui informasi di atas, Anda menjadi lebih tahu mengenai hal apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk merawat diri saat mengandung. Hindari bahan-bahan skincare yang berbahaya dan gunakan bahan alami sebagai alternatif untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Demikianlah informasi mengenai tips perawatan kulit untuk ibu hamil selama mengandung yang bisa jadi pengetahuan tambahan soal merawat diri untuk terlihat cantik dan sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun