Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Menghindari Kutu Janggut!

8 November 2023   11:19 Diperbarui: 8 November 2023   11:42 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, cara menghindari kutu janggut!

Pria berjanggut pasti tahu rasanya terserang kutu janggut yang mengganggu. Hal ini tentu saja membuat risih saat hendak berkegiatan sehari-hari. Semakin lebatnya rambut janggut yang tumbuh, kutu akan semakin senang menyerang. Parasit ini tidak hanya bersarang di  kulit kepala saja, rambut-rambut janggut juga jadi tempat favoritnya untuk berkembang biak.

Umumnya, kutu yang menyerang area janggut masuk melalui kontak langsung. Kutu dengan cepat dapat berpindah tempat dari rambut ke janggut ketika ada kesempatan yang mendukung. Penggunaan alat-alat perawatan pribadi secara bersamaan juga menjadi salah satu penyebab penyebaran kutu. Hal-hal seperti inilah yang harus menjadi perhatian khusus jika enggan terserang kutu janggut.

Lalu bagaimana cara menghindari kutu janggut?

Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda dalam mengatasi penyebaran kutu janggut maupun memerangi kutu yang sudah bersarang pada janggut. Dengan memperhatikan serta mengikuti langkah di bawah ini, Anda bisa terhindar dari penyebaran kutu janggut.

Berikut 5 cara menghindari kutu janggut yang mudah dilakukan:

1. Bersihkan janggut setiap hari
Cara melawan serangan kutu janggut yang paling utama adalah mempertahankan kebersihan janggut. Membersihkan janggut setiap hari merupakan bentuk kepedulian diri agar kulit terhindar dari penumpukan kotoran dan minyak yang membandel. Janggut yang kotor berpotensi untuk mengundang kutu singgah di rambut-rambut yang tumbuh di area dagu. 

Maka dari itu, kebersihan janggut adalah hal yang perlu diperhatikan agar terbebas dari gangguan kutu. Bersihkan janggut setiap hari baik di pagi atau malam hari. Tak lupa juga gunakan rangkaian skincare khusus janggut agar kulit serta rambut-rambut tetap terjaga.

2. Lakukan perawatan pada janggut
Perawatan janggut secara teratur dapat dilakukan dengan penggunaan skincare khusus untuk menjaga janggut bebas kutu. Hindari menggunakan produk berbahan minyak karena akan menciptakan ruangan lembab yang disenangi kutu.

Selain itu, menyisir dan menyikat janggut secara teratur juga bisa menghalangi kemampuan kutu untuk membuat sarang pada rambut-rambut. Bahkan Anda juga bisa mencoba berbagai gaya janggut untuk mengurangi ruang yang tersedia untuk kutu.

3. Gunakan alat cukur pribadi
Kutu melakukan perpindahan yang sangat cepat. Maka dari itu, jangan gunakan alat pencukur sembarangan atau milik orang lain. Hindari pemakaian dengan banyak orang jika ingin terbebas dari permasalahan kulit janggut. Meskipun Anda menggunakan alat pencukur pribadi, perhatikan juga kebersihannya. Tetap jaga kehigienisan alat pencukur setelah digunakan untuk mengurangi sisa-sisa kotoran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun