Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ketika Vietnam Lebih Siap daripada Indonesia di Piala Asia

11 Januari 2024   09:02 Diperbarui: 11 Januari 2024   18:17 1264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Indonesia menjalani sesi latihan. Foto: Dok. PSSI via Kompas.com

Hasil uji coba yang dilakukan oleh Tim Nasional senior Indonesia menjelang Piala Asia 2023 cukup membangkitkan kesangsian dan kekecewaan. 

Rasa ini pun dibarengi dengan prediksi bahwa jalan Indonesia di Piala Asia akan terhenti di babak kualifikasi grup. Bahkan, ada pula yang memprediksi bahwa Indonesia juga akan menjadi bulan-bulanan di Grup D yang mana terdiri dari tim kuat Jepang, Irak, dan Vietnam

Prediksi itu cukup beralasan apabila menimbang performa Indonesia sebelum piala Asia. Laga terakhir kontra Iran, yang mana Indonesia keok dengan skor 5-0 seperti menguatkan prediksi di ruang publik atas performa Indonesia. 

Memang, perlu ada alasan untuk optimis agar Indonesia bangkit saat sudah bermain di Piala Asia. Walau demikian, laga-laga uji coba menjelang Piala Asia sebenarnya menjadi takaran untuk melihat kesiapan tim yang sesungguhnya. 

Sayangnya, Indonesia tampil di bawah performa terbaik. Pelbagai prediksi pada jalan sulit Indonesia di Piala Asia pun sulit dihindari. 

Terang saja, prediksi-prediksi mengenai performa timnas Indonesia itu juga meruntuhkan rasa antusiasisme untuk melihat dan menonton kiprah timnas di Piala Asia. 

Sebagai pecinta sepak bola, secara pribadi saya hanya berharap agar Indonesia tetap tampil meyakinkan dan tak menjadi tim yang menjadi bulan-bulanan tim lawan. 

Jalan Indonesia menjelang Piala Asia agar berbeda dengan timnas Vietnam. Vietnam tampaknya lebih siap untuk menghadapi Piala Asia. 

Kendati Vietnam di laga terakhir kalah dari salah satu tim Asia Tengah Kyrgystan (2-1),  namun Vietnam kalah dengan skor yang cukup tipis. Malah, tim Vietnam mampu mengimbangi performa Kyrgstan. 

Sebelum melakukan uji coba dengan Kyrgystan, Vietnam juga bermain kontra Irak dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam hanya kalah 0-1 dari Irak. Berbeda dengan Indonesia yang kalah 0-4 dari Irak di kualifikasi Piala Dunnia.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun