Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang yang Difavoritkan dan Tantangan dari Tuan Rumah

6 Januari 2024   19:19 Diperbarui: 6 Januari 2024   19:36 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Jepang menjadi salah satu favorit juara Piala Asia 2024. Foto: AFP/Jewel Samad via  Kompas.com

Piala Asia 2023 di Qatar akan menjadi ajang pembuktian 24 tim yang berasal dari benua Asia. Piala Asia 2023 menjadi menarik lantaran beberapa tim nasional asal Asia sudah mulai membuktikan kekuatannya di kancah internasional. 

Salah satunya Jepang. Tim berjuluk Matahari Terbit sudah menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di Piala Dunia, dan bahkan dianggap tim kuda hitam dalam partisipasinya di Piala Dunia. 

Untuk konteks Piala Asia, timnas Jepang bukanlah kuda hitam, melainkan tim yang difavoritkan untuk mengangkat trofi Piala Asia pada 10 Februari 2024 mendatang. Ada beberapa alasan yang menjadikan Jepang yang berada satu grup dengan Indonesia, Irak, dan Vietnam untuk menjadi juara. 

Pertama, dari sisi skuad. Kalau dibandingkan dengan tim-tim lainnya, Jepang mempunyai komposisi skuad yang cukup komplit lantaran diperkuat oleh beberapa pemain yang sementara tampil on fire di liga-liga Eropa. Para pemain itu pun menjadi magnet tersendiri untuk Piala Asia.  

Sebut saja, Takefuso Kubo yang membela Real Sociedad. Mantan pemain Real Madrid ini menjadi salah satu sensasi di Liga Spanyol pada musim ini. 

Pemain yang sempat disebut dengan Messi asal Jepang ini sudah mengemas 6 gol dan 3 assist untuk Sociedad musim ini. Kubo ikut membantu Sociedad bersaing di enem besar La Liga Spanyol musim ini. 

Dari Liga Inggris Inggris, Jepang memiliki beberapa pemain seperti Wataru Endo yang membela Liverpool. 

Endo yang berposisi sebagai gelandang jangkar sudah menarik hati suporter Liverpool berkat kinerja dan kerja kerasnya di lini tengah Liverpool. 

Tak ayal, tak sedikit yang menilai bahwa kepergian Endo untuk tugas internasional bersama Jepang di Piala Asia menjadi salah satu kehilangan untuk Jurgen Klopp sampai bulan Februari mendatang. 

Selain Endo, juga ada Takehiso Tomiyasu yang bermain sebagai bek di Arsenal. Tomiyasu kerap menjadi salah satu senjata rahasia Mikel Arteta dan kadang ditempatkan di posisi berbeda di lini belakang Arsenal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun