Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jeremy Doku, Mutiara Baru Pep Guardiola dan Ancaman untuk Liverpool

25 November 2023   10:01 Diperbarui: 25 November 2023   10:05 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jeremy Doku, pemain Manchester City. Foto: AFP/Paul Ellis via Kompas.com

Ketika Manchester City ditahan imbang Chelsea (4-4) di Stamford Bridge dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-12 lalu, Jeremy Doku menjadi salah satu pemain Man City yang tak bisa berkontribusi banyak. 

Rupanya, pelatih Chelsea Mauricio Pochettino mengetahui letak kekuatan dari pemain baru Man City. Berposisi sebagai gelandang di sisi kiri, Doku kerap tampil atraktif yang dipadukan dengan pergerakan cepat dalam mengelabui lawan.  

Saat menjamu Man City, Pocthettino memainkan James Reece di posisi bek kanan. Sepanjang sejam dari berjalannya laga, Doku tak banyak melakukan penetrasi dan pergerakan yang menembus barisan pertahanan Chelsea. Kedisiplinan Reece meredam kreativitas Doku, serentak melemahkan penyerangan Man City dari sisi sayap. 

Tak ayal, Guardiola pun memilih untuk kembali ke sistem lama, yang mana menarik keluar Doku dan menggantikannya dengan Jack Grealish. 

Kendati demikian, sejak didatangkan di awal musim ini dari Stade Rennais, Doku cepat beradaptasi dengan permainan di Liga Inggris dan serentak menjadi salah satu sosok yang sangat spesial dari skuad Man City pada musim ini. 

Pemain timnas Belgia ini sudah menjadi salah satu andalan Man City sejauh ini. Bahkan, persaingan di sektor sayap Man City makin keras. Secara tak langsung, Grealish mendapatkan pesaing yang sepadan tetapi dengan gaya yang lebih berbeda dan menguntungkan pola permainan Man City.  

Kendati baru berlaga di tujuh laga dari 12 laga yang telah dimainkan di Liga Inggris, Doku sudah menjelma menjadi pemain yang berkontribusi besar untuk lini depan Man City. 

Tercatat Doku sudah mencatatkan dua gol dan lima assist termasuk 4 assist yang dibuat saat Man City bermain kontra Bournemouth. Doku pun menjadi pemberi assist terbanyak Man City musim ini. 

Pesona Doku menanjak naik saat bermain kontra Bournemouth. Tak tanggung-tanggung, pemain kelahiran 27 Mei 2003 ini  menciptakan empat assist  dan satu gol dalam laga tersebut. 

Atas performanya itu, pelatih Man City Pep Guardiola berkomentar bahwa saat Doku  memegang bola, suporter tampak antusias termasuk dirinya. 

Gaya permainan Doku seperti berbeda dari gaya Guardiola. Guardiola sangat menekankan permain tim terlepas dari kualitas individu yang dimiliki oleh para pemain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun