Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Pekerjaan Rumah Argentina kala Bermain Kontra Belanda

4 Desember 2022   15:54 Diperbarui: 9 Desember 2022   09:01 934
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lionel Messi tampil meyakinkan saat bermain kontra Australia.| Foto: AFP/Alfredo Estrella via Kompas.com

Lionel Messi mencuri perhatian dalam laga kontra Australia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di stadion Ahmad Bin Ali, Al-Rayyan, Qatar (4/12/22). 

Selain mencetak 1 gol, beberapa kali Messi melakukan aksi individual yang menghibur penonton. Tak ayal, banyak pihak pun yang menilai bahwa faktor pembeda antara laga Australia kontra Argentina adalah Lionel Messi. 

Berkat kemenangan 2-1 atas Australia, Argentina pun melaju ke babak 8 besar. Di babak 8 besar, Argentina akan bermain kontra Belanda. Timnas Belanda sendiri berhasil menang meyakinkan kontra Amerika Serikat (3-1) di babak 16 besar. 

Laga kontra Belanda akan menjadi tantangan besar untuk Argentina. Belanda yang dilatih oleh Louis van Gaal memainkan taktik yang cukup pragmatis. Kendati dikritik karena gayanya, Van Gaal cenderung mempertahankan gaya bermain pragmatis. 

Terbukti dalam laga kontra Amerika Serikat. Belanda berhasil menang dengan permainan serangan balik. 

Gaya permainan Belanda di bawah kendali Van Gaal disoroti, dan bahkan dikritisi oleh media asal Belanda. Menanggapi itu Van Gaal tak segan mengatakan kepada media yang menilai timnya membosankan untuk pulang ke kampung dan tak menonton Piala Dunia 2022.

Kendati gaya permainan Belanda disoroti, Belanda terbilang sebagai tim yang belum terkalahkan di Piala Dunia 2022. Dengan ini, bagi Van Gaal hasil lebih penting daripada gaya bermain. 

Filosofi total football yang melekat kuat dengan timnas Belanda terlihat luntur di tangan Van Gaal. Bagi mantan pelatih Manchester United ini, hasil lebih penting daripada permainan cantik. 

Gaya pragmatis ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Argentina.

Bertolak dari laga kontra Australia, Argentina mempunyai beberapa pekerjaan rumah yang perlu dibenahi saat bermain kontra Belanda di babak 8 besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun