Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Gerard Pique Tersingkir dan Jordi Alba Terancam

20 September 2022   07:24 Diperbarui: 22 September 2022   02:12 528 32 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gerard Pique yang diturunkan saat Barca bermain kontra Cadiz. Foto: AFP/Cristina Quicler via Kompas.com

Transformasi wajah Barcelona musim 2022/23 ini berdampak pada pelbagai aspek. Salah satu aspek yang sementara terjadi adalah peningkatan performa Barca di lapangan hijau. 

Sejauh ini, Barca sementara berada di peringkat ke-2 klasemen Liga Spanyol. Dari 6 laga, Barca berhasil meraih 5 kemenangan dan 1 hasi seri. 

Barca hanya kalah 2 poin dari pemuncak klasemen sementara, Real Madrid, yang masih konsisten menjaga kemenangan 100 persen di Liga Spanyol. Walau demikian, Barca menunjukkan diri sebagai tim yang tampil produktif di Liga Spanyol dengan koleksi 18 gol dan hanya kebobolan 1 kali. 

Sementara di Liga Champions, performa Barca juga membaik. Walau kalah dari Bayern Muenchen (2-0), Barca sebenarnya menunjukkan perlawanan yang sepadan, dan sempat diakui oleh para pemain Muenchen. Besar kemungkinan, Barca akan berbicara banyak di Liga Champions Eropa musim ini. 

Selain itu, aspek yang terkena perubahan juga pada komposisi pemain. Barca kembali mempunyai kedalaman skuad yang terbilang mumpuni dan kuat. Hal itu terjadi karena keberanian Barca melepaskan beberapa pemain, dan melakukan pembelian pemain berkualitas.  

Kedalaman skuad ini memberikan keistimewaan untuk Manajer Xavi Hernandez melakukan rotasi pemain, sekaligus memudahkannya untuk melakukan pergantian pemain. 

Sejauh ini, Xavi memiliki pemain yang sulit tergantikan dan kerap regular diturunkan. Di bawah mistar gawang, Ter Stegen sulit dinomorduakan. Lalu, Ronald Araujo dan Jules Kounde selalu diturunkan di lini belakang, dan dikombinasikan dengan beberapa bek seperti A. Balde di sisi kiri, Eric Garcia, A. Christensen, dan M. Alonso. 

Lini tengah, Xavi kadang melakukan rotasi. Namun, Xavi terlihat sulit menghilangkan Pedri dari komposisi lini tengah. R. Lewandowski, Rapinha, dan O. Dembele juga masih menjadi andalan tetap Xavi. 

Kedalaman skuad sangat menguntungkan Xavi dalam melakukan rotasi pemain. Ini akan membantu Barca untuk mempertahankan level permainan terbaik, sekaligus membuat situasi ruang ganti pun seimbang. 

Kendati demikian, rotasi ini juga memberikan efek untuk para pemain lain. Gerard Pique dan Jordi Alba adalah dua pemain yang mendapat dampak langsung dari kedalaman skuad Barca pada musim ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan