Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Jadi Juara AFF U16, Efeknya dan Pelajaran Selanjutnya

13 Agustus 2022   06:53 Diperbarui: 13 Agustus 2022   08:40 847 39 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kado Terindah untuk HUT ke-77 Republik Indonesia (dok. PSSI)

Menjadi juara Piala AFF U16 sangat menggembirakan pecinta sepak bola tanah air. Para penonton yang hadir di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta bersukaria karena timnas U16 Indonesia berhasil mengatasi timnas U16 Vietnam (1-0) sekaligus menjadi pengangkat trofi Piala AFF U16 2022.

Gol tunggal Muhammad Kafiatur (menit 45+1) menaikan level antusiasme dan sukacita para penonton yang memenuhi stadion. 

Pelatih timnas U16 Indonesia , Bima Sakti begitu bersukaria ketika anak asuhnya berhasil mencetak gol. Di pinggir lapangan, Sakti merayakan gol anak asuhnya itu dengan berpelukan dengan stafnya.

Sukacita membahana di stadion Maguwoharjo. Kegembiraan seperti itu merupakan efek dari keberhasilan yang tercapai. Ini juga melegahkan diri dari tekanan dan pelbagai hal-hal negatif. 

Keberhasilan timnas U16 Indonesia  tadi malam WIB seperti air yang memuaskan dahaga yang cukup lama untuk konteks sepak bola Indonesia. Ini juga sekiranya menjadi motor penggerak untuk sepak bola Indonesia dalam mengejar prestasi di waktu-waktu mendatang.

Menjadi juara dari sebuah turnamen sepak bola adalah impian suporter timnas. Sebagai olahraga yang telah merakyat, kita tentunya ingin agar timnas kita berprestasi, terlebih khusus mengangkat piala.

Makanya, saat timnas gagal meraih trofi luapan kritikan sebagai tanda kecewa, marah, dan sedih keluar dari ruang publik. Bahkan kursi pelatih ikut tergoncang, peran badan sepak bola (PSSI) dipertanyakan, dan kualitas para pemain dipersoalkan.

Namun, ketika timnas berhasil meraih prestasi, seperti juara Piala AFF U16, nada-nada sinis dan kritis seolah tak menghampiri sepak bola tanah air. Yang ada hanyalah pujian dan dukungan kuat untuk timnas.

Efek kesuksesan timnas U16 Indonesia sangat positif untuk sepak bola di tanah air. Akan tetapi, apabila situasi terbalik yang terjadi, efeknya bisa saja berbeda juga. 

Situasi seperti itu sangatlah normal. Hal ini juga terjadi di negara-negara lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan