Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kekalahan Chelsea, Pelajaran untuk Thomas Tuchel dan Efek Cedera Pemain

4 Desember 2021   21:47 Diperbarui: 5 Desember 2021   06:41 540 21 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Thiago Silva saat mencetak gol pertama ke gawang West Ham. Dalam laga ini, Chelsea tunduk 2-3 dari West Ham. Foto: AFP/Glyn Kirk via Kompas.com

Terlalu dini untuk menyatakan tentang tim mana yang akan meraih trofi Liga Inggris di akhir musim ini. Alasan yang paling pertama adalah peta persaingan di 3 besar Liga Inggris.

Jarak poin antara Chelsea yang sementara berada di tempat pertama dengan peringkat ke-2 (Manchester City) dan peringkat ke-3 (Liverpool) tak begitu lebar. Margin poin di antara tim bisa memungkinkan perubahan tim yang menduduki peringkat pertama.

Kekalahan Chelsea dari West Ham (2-3) akan bisa melapangkan wajah baru di tempat pertama klasemen sementara Liga Inggris. Man City bisa berpeluang berada di peringkat pertama kalau menang kontra Watford.

Alasan kedua adalah soal perjalanan kompetisi. Kompetisi Liga Inggris baru memasuki pekan ke-15. Masih banyak laga yang perlu dimainkan. Juga, pelbagai kemungkinan bisa saja terjadi.

Terlepas dari dua alasan ini, salah satu yang bisa mengganggu jalan Chelsea ke tangga juara adalah masalah cedera. Cedera kerap kali mengganggu konsistensi tim sekaligus menjadi tantangan awal bagi Thomas Tuchel.

West Ham memang bukanlah lawan sembarang. Namun, performa West Ham tak terlalu bagus di dua laga terakhir. Di atas kertas, pasukan Tuchel bisa mengatasi anak-anak asuh David Moyes.

Rupanya, Moyes tahu dan sadar ketika berhadapan dengan Chelsea. Timnya lebih banyak bermain bertahan, dan mencari cela untuk melakukan serangan balik.

Sejauh ini, kendati Chelsea dihantui oleh cedera pemain, Tuchel mampu menjaga mentalitas para pemain di jalur yang positif. Tuchel terlihat tak mengeluh dengan kondisi cedera yang menimpa beberapa pemain andalan Tuchel.

Akan tetapi, efek dari cedera pemain akan sulit dihindari. Cepat atau lambat performa tim juga bisa timpang. Sebelumnya, Tuchel berhadapan dengan cedera para striker.

Setelah Romelu Lukaku dan Timo Werner yang mulai perlahan kembali ke skuad, Tuchel dihadapkan dengan pemain di lini tengah. Mateo Kovacic dan N'Golo Kante harus menepi karena faktor cedera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan