Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Gavi, Sensasi Timnas Spanyol dan Kepekaan Ronald Koeman

7 Oktober 2021   06:34 Diperbarui: 8 Oktober 2021   17:10 525 28 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pablo Gavi saat mengontrol bola di pertandingan Italia vs Spanyol di San Siro.| Sumber: FRANCK FIFE/AFP via solo.tribunnews.com

Secara mengejutkan Luis Enrique memanggil dan mengikutsertakan Gavi (17 tahun) dalam skuad La Roja, timnas Spanyol. Tak tanggung-tanggung, Gavi yang memiliki nama Pablo Martin Paez Gavira ini baru diorbitkan ke tim senior Barcelona ini langsung dimainkan dalam laga kontra Italia dalam liga negara-negara UEFA (UEFA Nations League).

Keputusan Enrique ini ikut memantik kritik. Gavi belum terasa dengan baik. Kiprahnya di tim senior Barca masih singkat. Lebih baik memanggil pemain senior daripada memanggil pemain muda yang masih berusia 17 tahun.

Selama 83 menit Gavi bermain kontra Italia. Gavi tak gentar berhadapan dengan duo gelandang timnas Italia, Veratti dan Jorginho.

Gavi terlihat dewasa di antara para pemain senior seperti Koke dan Sergio Busquets. Bahkan di beberapa kesempatan Gavi menutup kesalahan yang dilakukan oleh rekan setimnya.

Gavi merupakan kejutan Enrique di timnas senior. Di balik kejutan ini, Gavi mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang pernah memperkuat timnas Spanyol.

Sebenarnya Gavi belum lama dipromosikan ke tim senior Barca. Baru pada musim ini, Ronald Koeman sering memainkan Gavi di lini tengah Barca. Hal itu juga terjadi ketika Pedri yang beristirahat saat jedah olimpiade dan masalah cedera ringan.

Sensasi a la Enrique ini berbuah manis. Spanyol berhasil membalas kekalahan di Euro 2020 dengan menalukan Italia dengan skor 2-1 di San Siro.

Tak terlepas dari kemenangan ini, timnas Spanyol menunjukkan masa depan yang sangat cerah. Enrique berani keluar dari "area nyaman" dan memilih para pemain muda untuk menjadi bagian dari skuad timnas.

Gavi hanyalah sensasi Enrique. Sebelumnya, Enrique juga memilih Pedri Gonzales yang bermain dengan Barca untuk masuk timnas Spanyol.

Pedri pun tak duduk di bangku cadangan selama turnamen Piala Eropa 2020. Malahan, Pedri dijadikan pemain muda yang berhasil mencatatkan rekor menit bermain selama Euro 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan