Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Italia Kurang Difavoritkan tetapi Tetap Perlu Diwaspadai

5 Juni 2021   11:02 Diperbarui: 5 Juni 2021   18:46 530 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Italia Kurang Difavoritkan tetapi Tetap Perlu Diwaspadai
Penyerang Timnas Italia, Ciro Immobile, merayakan golnya pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Irlandia Utara di Stadion Ennio-Tardini, Parma, pada 25 Maret 2021.(AFP/MARCO BERTORELLO via Kompas.com)

Beberapa tahun terakhir ini sangat sulit untuk melihat pemain Italia yang menonjol di daratan Eropa. Berbeda di tahun 1990-an, di mana Italia terkenal sebagai negara penyuplai para pemain berbakat di Eropa.

Reputasi para pemain Italia tak terlalu mencuat. Malahan, Belgia yang kualitasnya berada jauh di bawah Italia di tahun 1990-an menjadi salah satu tim pensuplai pemain berbakat saat ini.

Bahkan Belgia dinilai sebagai calon kuat juara Piala Eropa 2020. Karena ini pula, tak sedikit pihak yang memandang sebelah mata Italia di pentas Piala Eropa 2020.

Ketika seorang teman mengirimkan jadwal Piala Eropa 2020 di salah satu grup medsos, tak ada seorang yang menyebut Italia sebagai calon juara.

Tim yang muncul sebagai jagoan Piala Eropa 2020 ialah Perancis, Inggris, Portugal, dan Belgia. Italia tidak terlalu difavoritkan.

Barangkali ini merupakan pandangan umum. Apalagi kalau mengingat rekam jejak Italia saat gagal melaju ke Piala Dunia 2018. Tiga tahun silam.

Karena kegagalan ini, Italia memecat Gian Piero Ventura. Timnas Italia merekrut Roberto Mancini. Mantan pelatih Man City ini perlahan-lahan mengubah performa Italia. Hingga kegagalan di Piala Dunia 2018 tak terulang di Piala Eropa.

Mancini terbilang sukses mengubah performa Italia. Tidak adalah olahraga jantung bagi suporter Italia di babak kualifikasi. Malah yang muncul adalah rasa optimisme pada penampilan Italia di tangan Roberto Mancini.  

Tak tanggung-tanggung, rata-tara kemenangan yang diraih Italia selama diasuh Roberto Mancini adalah 70 persen. Italia berhasil memenangkan 21 laga dari 30 laga yang dilakonkan.

Jalan ke piala Eropa terbilang mulus. Italia termasuk tim yang dinyatakan lolos lebih awal ke Piala Eropa 2020.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN