Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Makna Kunjungan Presiden China, Xi Jinping ke Kota Pertama Kasus Virus Corona

10 Maret 2020   19:24 Diperbarui: 10 Maret 2020   19:43 304 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makna Kunjungan Presiden China, Xi Jinping ke Kota Pertama Kasus Virus Corona
Presiden China, Xi Jinping. Sumber foto: CBNC.com

Kota Wuhan menjadi pusat perhatian sejak kemunculan wabah virus Corona. Nama kota Wuhan menjadi terkenal laiknya nama virus Corona itu sendiri.

Virus Corona menyebar cepat di kota Wuhan. Korban demi korban berjatuhan. Kota itu pun ditutup untuk beberapa waktu.

Pemerintah China tidak tinggal diam. Pemerintah setempat bergerak cepat dan telaten dalam melawan penyebaran virus Corona tersebut.

Tak bisa elak, dari kota Wuhan, virus Corona menyebar ke pelbagai negara. Negara kita Indonesia yang sempat bebas dari virus Corona di saat negara-negara tetangga lainnya sudah menemukan kasus virus Corona.

Pada akhirnya, Indonesia menemukan kasus virus Corona. Bermula dari 2 orang hingga sejauh ini sudah menjadi 19 orang yang diidentifikasi terjangkit virus Corona ini (CNN Indonesia 9/3/2020). Situasi bisa saja berubah bergantung pada penanganan medis yang diberikan.

Indonesia masih berada dalam taraf kontrol yang relatif aman. Di negara-negara lain, banyak tempat publik mendapat imbas.

Negara Italia mesti menutup banyak tempat dari jangkauan publik. Liga Seri A dibatalkan hingga bulan April. Di Manila, ibukota Filipina, otoritas setempat mendeklarasikan tidak ada aktivitas belajar mengajar karena meningkatnya temuan kasus virus Corona.  

Di saat beberapa negara berjuang untuk melawan penyebaran virus Corona, kota Wuhan terlebih khusus China memberikan sinyal positif kepada dunia. Signal positif itu hadir lewat kunjungan langsung presiden China, Xi Jinping ke kota Wuhan.  Ini merupakan kunjungan pertama presiden China sejak virus Corona melanda kota itu dua bulan lalu.

Presiden Xi Jinping mengambil langkah taktis di tengah situasi yang menyelimuti negaranya. Betapa tidak, China mendapat dampak yang luar biasa dari penyebaran virus Corona.

Dampak itu sendiri bukan hanya menyangkut sisi kesehatan, tetapi mempengaruhi sisi sosial dan ekonomi dari negara Tirai Bambu tersebut. Makanya, kunjungan Presiden Xi Jinping ke China merupakan sebuah langkah taktis dari seorang kepala negara dan seorang pelayan publik.

Kunjungan presiden ini memberikan pesan tidak hanya kepada warga negaranya sendiri, tetapi kepada dunia. Salah satu pesan bisa membahasakan kalau China sudah dalam keadaan baik-baik saja di tengah situasi virus Corona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x