Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ketika Jurgen Klopp Membalas Surat Protes dari Seorang Bocah Suporter Manchester United

22 Februari 2020   05:17 Diperbarui: 22 Februari 2020   05:15 231 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Jurgen Klopp Membalas Surat Protes dari Seorang Bocah Suporter Manchester United
Jurgen Klopp. Sumber foto: Bleacher Report Football.com

Rekor tak terkalahkan yang ditorehkan Liverpool sejauh ini di Liga Inggris menjadi salah satu catatan sejarah. Para fans Liverpool sendirinya pasti bersukaria dan bangga dengan pencapain itu. Sebaliknya, para fans tim-tim lawan berharap agar rekor itu segera berakhir.

Seorang teman yang kebetulan fans Manchester United begitu tidak suka saat berbicara tentang pencapaian Liverpool di Liga Inggris. Saat Liverpool tumbang di tangan Atletico Madrid (0-1), teman ini berspekulasi kalau itu merupakan awal kejatuhan Liverpool.

Reaksi teman ini merupakan salah satu gambaran yang biasa dijumpai pada diri seorang fans sebuah klub sepak bola. Ada harapan agar tim lawan tumbang, sementara tim favorit bisa menang dan menang. Sebaliknya hati terasa sakit saat tim favorit kalah dan tim lawan selalu menang.

Seorang bocah, Daragh Curley, suporter Manchester United menulis surat kepada Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Terasa aneh seorang fans Manchester United menulis surat untuk pelatih Liverpool bila menimbang dari sejarah panjang kedua klub di Liga Inggris.

Bocah berusia 10 tahun ini menulis sebuah surat protes kepada Jurgen Klopp. Secara umum surat itu berisi permohonan kepada Klopp agar Liverpool bisa kalah pada beberapa pertandingan sehingga Livepool pun tidak memenangi Liga Inggris.

Dalam salah satu bagian dari suratnya itu, Daragh menulis kalau Liverpool memenangi terlalu banyak laga. Jika Liverpool memenangi sembilan pertandingan yang tersisa, Liverpool akan mempuyai rekor tak terkalahkan di Liga Inggris.

Lebih jauh, Daragh menulis kalau sebagai seorang fan MU, pencapaian Liverpool membuatnya sangat sedih (talksport.com 21/2/2020).

Sebenarnya tulisan surat ini merupakan tugas sekolah dari bocah yang berasal dari County Donega, Irlandia Utara ini. Bermula dari tugas sekolah, suratnya dan balasannya dari Jurgen Klopp menjadi viral. (bbc.com 20/2/2020).

Tak di sangka pelatih Liverpool yang berasal Jerman itu tidak menganggap sebelah mata surat dari bocah yang merupakan fans Manchester United tersebut. Jurgen Klopp membalas suratnya dengan isi cukup menarik.

Pada awalnya Klopp memuji ketekunan dan passion dari bocah sebagai seorang fans yang menulis surat untuknya. Di balik pujian itu, Klopp juga mengatakan kalau timnya tidak akan membuang poin demi kepentingan si bocah.

Dengan kata lain, Jurgen Klopp menolak permintaan dari bocah itu karena apa yang terjadi pada Liverpool merupakan bagian dari sepak bola. Kalah dan menang adalah siklus dari sebuah kompetesi.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN