Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Kematian, Ladang Bisnis yang Menggiurkan dan Menjamur di Filipina

3 Desember 2019   05:58 Diperbarui: 4 Desember 2019   14:16 742 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kematian, Ladang Bisnis yang Menggiurkan dan Menjamur di Filipina
Sumber foto BBC Yorkshire

Siapa pun pasti bersedih atas peristiwa kematian. Apalagi kalau yang meninggal dunia itu adalah salah satu anggota keluarga atau orang terdekat dan disayangi. Dukacita saat kematian dari orang tercinta adalah perasaan wajar yang mesti dihadapi.

Namun di balik suasana duka cita itu, kematian seseorang itu bisa dipandang sebagai sumber bisnis dan rejeki untuk beberapa orang. Semakin banyak yang meninggal di suatu kota, semakin banyak pemasukan yang datang.

Adalah di salah satu provinsi di Filipina. Provinsi Abra. Hal ini juga mungkin terjadi di banyak tempat di Filipina.

Bisnis jasa kematian sangat menjamur. Bisa jadi di dalam satu provinsi, ada tiga sampai empat tempat yang menyediakan jasa pelayanan kematian. Pemandangan seperti ini sudah menjadi pemandangan umum di Filipina pada umumnya.

Jasa pelayanan kematian sudah menjadi bagian dari tuntutan kehidupan masyarakat. Karena ini, menciptakan bisnis jasa pelayanan adalah jawaban atas tuntutan itu.

Sebagian besar masyarakat cenderung mencari jasa pelayanan kematian kalau ada anggota keluarga yang meninggal. Sebuah jasa pelayanan kematian itu menyediahkan pelbagai macam tawaran dan pelayanan. Prinsipnya selalu bergantung pada kemampuan finansial dari pihak keluarga yang meninggal dunia.

Ada rupa-rupa pelayanan yang ditawarkan. Biasanya jasa pelayanan itu menyiapkan peti mati dengan pelbagai ukuran, warna atau bergantung pada permintaan konsumen. Harga peti mayat pun bervariasi bergantung pada model dan kualitasnya.

Selain itu juga jasa pelayanan ini menyediakan jasa dekorasi di kediaman dari orang yang meninggal, dekorasi di gereja hingga di pekuburan. Transportasi jenazah dari rumah ke gereja untuk mendapat penghormatan terakhir hingga di tempat pemakanan ikut disediahkan oleh jasa pelayanan ini.

Bahkan beberapa jasa pelayanan kematian sudah mengembangkan sayap mereka dengan menyediahkan jasa makanan untuk undangan dari keluarga yang meninggal dan tempat bersemayam bagi keluarga yang tidak mempunyai halaman rumah yang luas atau bagi mereka yang tinggal di apartemen.

Setiap jasa pelayanan yang diambil sangat bergantung pada kemampuan finansial. Karena hal ini adalah soal bisnis, jasa pelayanan juga menciptakan sistem yang bisa memudahkan masyarakat untuk mengusahakan jasa pelayanan ini.  

Untuk memudahkan masyarakat, beberapa jasa pelayanan sudah menyodorkan sistem plan bagi siapa saja yang berminat. Hal ini juga merupakan strategi marketing mengingat tingkat persaingan di antara jasa pelayanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN