Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

PNS, Bukan "Satu-Satunya" Karir, Masih Ada Peluang lain

12 November 2019   11:12 Diperbarui: 12 November 2019   21:36 1170 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PNS, Bukan "Satu-Satunya" Karir, Masih Ada Peluang lain
Foto by Liputan6.com

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memantik ketertarikan banyak orang. Entah berapa banyak orang yang akan mendaftarkan diri menjadi calon PNS.

Jumlah pendaftar yang banyak bisa mengindikasikan satu sisi dari dunia karir yakni menjadi seorang PNS adalah peluang kerja yang masih banyak diminati hingga saat sekarang. Tetapi kalau jumlahnya sedikit, boleh jadi ada tanda kalau orang sudah melihat peluang kerja lain selain menjadi PNS.

Menjadi PNS bukan saja menarik orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan, tetapi juga menarik orang-orang yang sudah mempunyai pekerjaan. Semuanya ini bisa terjadi karena jaminan yang diberikan saat sudah menjadi PNS.

Meski demikian, menjadi PNS bukanlah satu-satunya karir di dunia kerja. Tidak sedikit orang yang tidak mau ikut test PNS karena mereka melihat peluang lain di dunia kerja. Peluang itu lebih memberikan jaminan yang lebih besar bila dibandingkan menjadi PNS.

Selain itu, menjadi seorang PNS berarti mau bekerja sama dengan sistem yang sudah diatur dan ditetapkan oleh pemerintah. Terikat pada kontrak dan sistem yang diatur oleh pemerintah adalah garis kerja yang mesti diikuti oleh seorang PNS. Saat garis kerja itu tidak diikuti, pasti ada sangsi tertentu yang akan dilimpahkan.

Jadi, menjadi PNS bukan hanya soal untuk menjadi pekerja pemerintah, tetapi seorang yang mau bekerja sama dengan aturan pemerintah. Dia juga tahu dan mau untuk menerima segala konsekuensi dari pilihannya menjadi PNS.

Makanya ada orang yang tidak mau menjadi PNS karena tidak mau terikat pada sistem kerja yang sudah baku. Lebih baik bekerja dalam lingkup yang tidak terikat, tetapi memberikan kebebasan berekspresi. Atau juga, lebih baik menjadi orang yang membangun sistem kerja daripada terikat pada sistem yang dibangun oleh orang lain.

Pada titik inilah, tidak sedikit orang mencari peluang dan menciptakan dunia kerjanya sendiri. Pilihan seperti ini bisa menjadi jawaban atas tingkat pengganguran dan ketergantungan banyak orang pada karir menjadi PNS.

Ya, banyak orang mengeluh kalau mendapatkan kerja dewasa ini tidaklah gampang. Kalau tidak mahir dan telaten, banyak sarjana yang berakhir di arena pengangguran. Testing PNS pun dijadikan momen untuk mengadu nasib. Kalau lulus, waktu pengangguran pun berakhir.

Tetapi kalau tidak lulus, kembali pada lingkup pengganguran sampai menanti waktu testing berikutnya.

Kalau mendapatkan pekerjaan terasa begitu sulit, tetapi hemat saya,mencari peluang kerja pasti selalu terbuka. Peluang kerja itu acap kali ada bergantung pada bagaimana kita peka dan cermat melihat konteks hidup di mana kita tinggal dan berada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN