Mohon tunggu...
Doran Gadget
Doran Gadget Mohon Tunggu... Sales - Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru

Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru || https://dorangadget.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menerbangkan Drone di Malam Hari

26 November 2022   16:21 Diperbarui: 26 November 2022   16:27 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menerbangkan drone di malam hari memiliki tantangan tersendiri dibandingkan menerbangkannya pada siang hari. Sebab, pada malam hari  jarak pandang jadi terbatas. Anda masih bisa menerbangkan drone dengan beberapa catatan. 

Hal penting pertama yang harus Anda pahami adalah peraturan menerbangkan drone yang ada. Dalam aturan internasional atau FAA drone dapat diterbangkan di malam hari. Namun, tidak melebihi jarak pandang yakni 400 kaki atau sekitar 122 meter. Sedangkan ketinggian penerbangan yang ideal malam hari ialah 91 meter.

Di Indonesia sendiri, aturan mengenai penerbangan drone sudah diatur dalam PM Perhubungan Nomor 37 Tahun 2020. Dengan membatasi ketinggian dan jarak terbang drone di malam hari ini bertujuan untuk melindungi drone dari hal tak diinginkan seperti menabrak objek atau terjatuh karena keterbatasan jarak pandang.

Baca juga: Apa Itu Mode Sinyal CE dan FCC untuk Jarak Terbang Drone?

sc: dorangadget
sc: dorangadget

Selanjutnya, pastikan kondisi cuaca cerah saat menerbangkan drone di malam hari. Hindari memaksakan menerbangkan drone pada saat kondisi cuaca kurang baik. Kemudian terbangkan drone di area yang aman. Aman di sini adalah tidak terlalu banyak rintangan seperti gedung, pepohonan, dan lainnya.

Pastikan juga drone mendapatkan pencahayaan yang cukup meskipun sebagian besar drone dilengkapi dengan lampu dan penerangan. Namun, hal tersebut dinilai masih kurang. Karena itu beberapa hal penting yang harus Anda atur pada kamera drone di antaranya adalah:

  • Arahkan kamera ke manual dan pertahankan ISO di 100 agar noise gambar bisa diredam.

  • Periksa shoot atau bidikan visual dan kecepatan rana setidaknya sekitar 1.5-4 detik.

  • Ubahlah setting “White Balance” ke “Manual’ pada kisaran 2000-3000k. Kemudian, aturlah sesuai kebutuhuan.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
    Lihat Inovasi Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun