Mohon tunggu...
DONY PURNOMO
DONY PURNOMO Mohon Tunggu... Pengajar dan Penulis

Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

3 Aplikasi Pendeteksi Teks Plagiat

28 Maret 2018   15:11 Diperbarui: 28 Maret 2018   15:26 0 6 0 Mohon Tunggu...
3 Aplikasi Pendeteksi Teks Plagiat
Ilustrasi: Plagiarsm Checker (Sumber: www.dariseberang.com)

Seiring dengan perkembangan teknologi semakin marak pula fenomena plagiat. Fenomena plagiat ini merambah keberbagai bidang mulai dari dunia pendidikan hingga dunia pemberitaan online. Masih segar dalam ingatan kita 2017 lalu seorang rektor dicopot karena terindentifikasi naskah doktornya merupakan hasil palgiat karya orang lain.

Definisi palgiat menurut www.kbbi.web.id menjelaskan mengenai arti plagiat yaitu pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri,misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri. Fenomena plagiat ini bak fenomena bola salju, semakin lama semakin banyak jumlahnya.

Untuk mendeteksi teks palgiat ini ada beberapa website online yang dapat digunakan untuk mengecek, apakah teks yang dituliskan dalam sebuah karya ini asli atau palgiat dari intenet diantaranya:

1. Small Seo Tool

Gambar: Tampilan Small Seo Tool (Sumber: Doc. Pribadi)
Gambar: Tampilan Small Seo Tool (Sumber: Doc. Pribadi)
Small Seo Toll merupakan website ini menyediakan menu untuk mengecek teks palgiat melalui Plagiarism Checker. Untuk mengakses wesite ini dapat melalui alamat https://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Dalam web ini disediakan kotak pencarian teks plagiat sejumlah 1000 kata. Dalam web ini jika teks yang dituliskan asli akan muncul keterangan 0% plagiarism and 100% unique. Jika hasil mengcopy dari situs lain maka akan muncul keterangan alamat web yang di copy paste.

2. Gramarly

Gambar: Tampilan Website Gramarly (Sumber: Doc. Pribadi)
Gambar: Tampilan Website Gramarly (Sumber: Doc. Pribadi)
Web gramarly dapat diakses di https://www.grammarly.com/plagiarism. Pada web gramarly dapat menuliskan memasukkan teks yang di cek lebih banyak. Jika ingin mengecek dalam bentuk file pada gramarly disediakan upload dokumen. Jika file yang dimasukkan merupakan teks asli bukan hasil plagiat akan muncul keterangan Plagiarsm was not detected.

3. Quetext

Gambar: Tampilan website Quetext (Sumber: Doc. Pribadi)
Gambar: Tampilan website Quetext (Sumber: Doc. Pribadi)
Untuk menggunakan web quetext dapat mengunjugi alamat wesite www.quetext.com. Dalam web Quetext dapat dengan mudah mengcopy pastekan teks yang akan di cek keasliannya. Jika teks benar-benar asli akan diberi skor 100%. Jika hasil mengutip dari karya orang lain akan muncul teks yang diberi garis bawah merah di ditunjukkan sumber teksnya.

Ketiga web tersebut dapat diakses tanpa harus login sebagai member sehingga sangat praktis untuk mendeteksi teks hasil palgiat atau bukan. Semoga bermanfaat.