Mohon tunggu...
DONY PURNOMO
DONY PURNOMO Mohon Tunggu... Pengajar dan Penulis

Aktivitas sehari-hari sebagai pengajar, Sebagai pemilik Bisnis SPIRIT KAOS dan suka menuliskan buah fikiran dalam coretan-coretan sederhana. kunjungi pula tulisan saya yang lain di http://pinterdw.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Cara Optimalkan BBM Messenger untuk Gaet Pasar

8 Mei 2015   07:42 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:16 49 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Optimalkan BBM Messenger untuk Gaet Pasar
1431045642584966036

[caption id="attachment_364884" align="aligncenter" width="370" caption="Sumber gambar:kuwaitful.com"][/caption]

Blackberry Mesanger (BBM) merupakan aplikasi jejaring sosial yang taka asing lagi dalam kehidupan kita. Berdasarkan data tahun 2015 ada 91 juta pengguna aktif tiap bulannya. Dengan banyaknya pengguna BBM berarti ini adalah lahan untuk memasarkan produk. Kelebihan lain pengguna BBM ini mayoritas orang yang memiliki tingkat ekonomi yang baik dan juga pendidikan yang baik.

Dengan berbekal aplikasi BBM di smartphone, saya mencoba untuk mengoptimalkan fungsinya untuk menggaet konsumen. Dalam hal ini saya mencoba memasarkan produk herbal sarikurma Karomah produk Vicomas International Bogor.  Sebelum via BBM saya sempat mensuplay barang dari satu apotek ke apotek lain. Setelah saya perhitungkan ternyata banyak biaya yang saya keluarkan untuk biaya transportasi.

Dalam usaha harus membutuhkan inovasi dalam penjualannya. Kemudian saya berfikir bagaimana cara agar dapat menjual produk tanpa harus mondar mandir kirim barang ke tempat tujuan. Karena pekerjaan utama saya adalah pengajar maka tak mungkin saya meningggalkan pekerjaan utama saya sebagai pengajar.

Dalam pemanfaatan BBM saya menggunakan beberapa trik dan fungsi yang dapat dioptimalkan melalui BBM yaitu,

1. Pasang Status

Status BBM kita akan muncul pada pemberitahuan pengguna lain sehingga saat mereka membaca pemberitahuan pasti akan membaca pesan promosi barang kita. Dalam pembuatan status inipun tak hanya asal-asalan harus ditata semenarik mungkin contoh" Semangat // ingin sehat alami sarikurma karomah solusinya". Dalam setiap status jangan lupa dibelakangnya diberi promosi produk. Dalam penggantian status juga harus memperhatikan waktu biasanya orang akan melihat sttus pada saat pagi,siang,sore dan malam saat jam-jam senggang. Gunakanlah waktu ini untuk mempromosikan prosuk melalui status.

2. Optimalkan Broadcast Mesanger

Dalam BBM ada fasilitas BC yang dapat kita optimalkan. Agar BC ini tak terkesan mengganggu maka berikanlah kata-kata yang menyenangkan dan enak untuk dibaca. Dengan BC ini kita dapat mengirim promosi kepada seluruh pengguna BBM yang menjadi teman kita sehingga akan lebih mudah untuk mempromosikan barang kita.

3. Pasang DP

Pergantian DP akan muncul pada pemberitahuan seluruh kontak, sehingga sesering mungkin mengganti DP agar gambar produk kita dapat tampil di pemberitahuan kontak kita tanpa harus melihat profil kita. Dengan seperti ini orang akan lebih sering melihat dan semakin penasaran dengan produk kita.

4. Buat group di  BBM

Group ini merupakan etalase yang dapat kita vunakan untuk memajang barang kita. Namun, kebanyakn para pemilik group tak aktif dalam mengelola group sehingga penjualan menjadi tidak optimal. Dengan group BBM ini usahan aktif dalam mempromosuikan karena dengan aktif memberi komentar atau mengupload produk maka orang akan semakin merespon group yang kita buat.

Dengan beberapa cara ini penjaualan produk sarikurma yang saya jual meningkat drastis dan juga sampai melayani di seluruh Indonesia. Dengan hanya bermodalkan HP smartphone saya bisa melayani pembeli yang berda diluar daerah tanpa harus mondar-mandir dan meninggalkan pekerjaan. Dan Bisnis tetap jalan dengan penghasilan yang lumayan. Sedikit coretan untuk berbagi semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ingin melihat cara saya ini melalui BBM silahkan inbox ke akun kompasiana ini.

VIDEO PILIHAN