Mohon tunggu...
Donny Farhan
Donny Farhan Mohon Tunggu... Freelancer - Manusia Biasa dan Freelancer

Aku Hanya Mengetahui Apa yang Aku Ketahui

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ivermectin, Obat Antiparasit yang Dapat Dikonsumsi oleh Semua Kalangan, Cek Fakta dan Harganya

23 Juni 2021   02:50 Diperbarui: 23 Juni 2021   02:50 35 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ivermectin, Obat Antiparasit yang Dapat Dikonsumsi oleh Semua Kalangan, Cek Fakta dan Harganya
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk menerapkan aturan protocol kesehatan, PSBB, membatasi kerumunan, mendatangkan obat dari luar negri, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menekan persebaran Covid-19, baru-baeu ini ada sebuah obat terapi Covid-19 yang bernama "Ivermectin" Yang mana obat tersebut memiliki harga yang murah dan terjangkau, sehingga berbagai kalangan masyarakat dapat menggunakannya, hal ini dilakukan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran  Covid-19. Tapi apakah "Ivermectin" Itu? Berikut adalah fakta-fakta dari obat terapi Covid-19 yang bernama "Ivermectin".

1. Asal Ivermectin

Ivermectin adalah obat di produksi di PT. Indofarma Tbk (INAF) sebagai obat antiparasit penghambat replika virus SARS-Cov-2 .

 2. Sudah dapat Izin Edar dari BPOM

Senin (21/6/2021)  PT Indofarma selalu BUMN farmasi secara resmi merilis obat untuk terapi pasien Covid-19 Ivermectin, dan obat tertersebut sudah mendapat izin resmi dari BPOM. Hal ini disampaikan oleh Mentri BUMN, Erick Thohir dalam video konferensi, Senin (21/6/2020) 

3. Harga Obat

Ivermectin yang diproduksi oleh PT. Indofarma memiliki harga yang sangat murah, harganya mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 7000 per tablet. Obat ini dipastikan sudah teruji efektivitasnya berdasarkan beberapa jurnal kesehatan. Meskipun begitu pemakaian obat ini harus sesuai rekomendasi dari BPOM, dan menurut Erick Thohir nantinya produksi dari obat ini akan memiliki kapasitas produksi 4 juta tablet perbulan.

4. Dipakai oleh Negara Lain

Pada sejumlah jurnal kesehatan, Ivermectin dianggap bekerja dalam menekan penularan dan perkembangan virus yang menyebabkan Covid-19 dan sudah di uji secara stabilitas, beberapa negara yang sudah diketahui memakai Ivermectin, yaitu Filipina dan India. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan