Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... Penulis - www.DoniBastian.com

Seo Specialist | Kontak WA 0821-1450-1965

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Laptop Gaming Terbaik di Dunia 2022

30 November 2022   16:22 Diperbarui: 30 November 2022   16:50 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa itu laptop gaming? Apa perbedaannya dengan laptop biasa, dan apa saja laptop gaming terbaik di dunia saat ini? Bagi anda khususnya para penggemar game  atau anda yang ingin membelikannya untuk anak anda, ada baiknya membaca artikel ini untuk menambah wawasan dan sebagai referensi sebelum membeli laptop baru.

Sekilas tentang laptop biasa dan laptop gaming.

Laptop gaming adalah komputer jinjing yang ringkas memungkinkan anda terhubung hampir di mana saja di dunia yang memiliki akses ke Wi-Fi atau Ethernet telah lama menaklukkan pasar. Mereka sangat diperluka khususnya bagi pekerja IT dan kreatif, pelajar dan bahkan ibu rumah tangga.  Laptop diciptakan sesuai dengan penggunaannya di berbagai bidang, oleh sebab itu tentu masing-masing jenis laptop ada konfigurasi khusus. Oleh karena itu, cepat atau lambat hampir setiap orang berpikir untuk membeli laptop. Ada banyak jenis dan model laptop  pasaran sekarang, sekilas memang tidak selalu berbeda dari yang biasanya, namun jika di amati lebih jauh, ternyata ada perbedaan yang signifikan.

Laptop gaming dan laptop biasa adalah sama-sama komputer namun di antara keduanya, komponen dan tujuan laptop biasa dan laptop gaming sama sekali berbeda. Laptop gaming terbaik  hatganya hingga ratusan juta, tetapi tetap saja memiliki pasar tersendiri yaitu para penggila game atau gamer mania yang tajir.

Spesifikasi teknis Laptop Gaming

Laptop gaming terbaik memiliki komponen yang bagus dan sangat modern, tetapi perbedaan utamanya dengan laptop biasa adalah pada kartu grafis diskrit. Itu yang memungkinkan perangkat sekecil itu menjalankan game modern dan program yang berat sekalipun.

Namun di antara komputer portabel biasa, GPU berukuran besar sangat jarang ditemukan. Biasanya  mereka menempatkan prosesor dengan inti grafis terintegrasi. Ya, hal ini memungkinkan  untuk menyelesaikan tugas kantor dengan tenang, menonton video, dan bahkan menjalankan game sederhana seperti League of Legends atau Dota 2, tetapi mereka tidak dapat menangani proyek AAA.

Namun, ciri khas laptop gaming tidak hanya itu saja. Tampilannya juga dapat berbeda secara signifikan. Dalam model konvensional, matriks dengan frekuensi rendah paling sering digunakan, tetapi memiliki sudut pandang yang baik dengan reproduksi warna berkualitas tinggi.

Perbedaan lainnya juga terlihat pada desain. Jika laptop gaming seringkali memiliki gaya yang lebih agresif dan sistem pendingin yang bertumpuk, maka laptop biasa terlihat sangat ergonomis dan lebih ringan. Mengapa? Sebab laptop biasa tidak memiliki kartu grafis diskrit, dan prosesor yang pada umumnya memiliki pembuangan panas yang rendah. Tapi untuk laptop gaming, perlu dibangun sistem pendingin yangbagus, untuk mengeliminasi beban panas yang timbul saat beroperasi. Selain itu pada Keyboard mekanis dengan membran dipasang  model yang berbeda.

Tetapi apakah laptop gaming hanya bisa digunakan untuk bermain game? Tentu saja tidak. Banyak opsi yang mungkin cocok bagi para pekerja lepas, karena mereka dengan mudah menangani semua fungsi dengan menggunakan laptop gaming ketimbang laprop biasa. Namun, jika Anda jarang bermain game atau lebih menyukai proyek indie, maka untuk kekompakan dan ringan yang lebih baik, anda bisa menggunakan laptop biasa namun dengan konfigurasi yang lebih baik.

Laptop Gaming Terbaik di dunia 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun