Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... www.donibastian.com

menulis sebisanya..

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengenal 13 Varitas Ikan Koi

6 Juni 2021   16:39 Diperbarui: 6 Juni 2021   16:53 252 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal 13 Varitas Ikan Koi
Sumber: gilakoi.com


Koi  adalah salah satu ikan hias yang paling banyak dipelihara dan populer di dunia. Bahkan, mereka muncul di mana-mana -- kolam luar, taman air, karya seni, media, dan bahkan untuk gambar tato. Ikan hias ini dapat berumur hingga beberapa ratus tahun dan dapat memperoleh harga yang sangat mahal tergantung pada warna dan polanya.

Karena ada begitu banyak jenis yang berbeda, dan karena Koi dijual campuran dan hibridisasi secara teratur, maka perlu dolakukan pngelompokan sesuai dengan karakteristiknya.  Berikut adalah 13 jenis varitas yang dikenal dalam dunia koi

1. Kohaku


Dikatakan dalam tradisi memelihara ikan Koi bahwa pemeliharaan Koi dimulai dan diakhiri dengan Kohaku. Ketika Anda memikirkan Koi, ini adalah ikan yang paling menarik dan sering muncul di benak Anda. Sebagai salah satu dari Gosanke bersama dengan Sanke dan Showa, Kohaku adalah jenis Koi yang sangat populer. Kohaku memiliki tubuh putih dengan tanda merah dan tidak ada warna tambahan lainnya.

Kohaku dengan kualitas terbaik harus memiliki bintik merah di kepala. Kohaku tanpa pola merah di kepala dikenal sebagai bozu, yang mengacu pada kepala biksu Buddha yang dicukur.

Kohaku memiliki beberapa deskripsi sekunder untuk pola merah mereka; sebuah Kuchibeni (lipstik), mengacu pada tanda wajah yang memanjang ke mulut  dll.


2. Taisho Sanke

Asal usul Taisho Sanke , konon pada era Taisho Jepang, seekor Kohaku dengan tanda sumi (hitam) kecil yang tersebar muncul di antara burayak hasil pemijahan. Seperti Kohaku dan Showa, Sanke adalah salah satu dari Tiga Besar Dunia Koi (Gosanke) dengan kualitas terbaik memiliki dasar putih bersalju dan warna pola merah tua.

Sementara Sanke mengikuti aturan pola untuk Kohaku, beberapa tanda hitam yang tersebar (tejima) pada sirip dada sangat disukai.
Sumi hitam harus mengikuti seperti susunan batu loncatan di sepanjang bagian belakang ikan.

3. Showa Sanshoku

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x