Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ada Padasan di Dongeng Kopi, Praktik Sehat dari Zaman Leluhur Kita

13 Januari 2022   18:29 Diperbarui: 13 Januari 2022   18:53 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Padasan dari leluhur di Umbulmartani ada di depan (Dokpri)

Berita I Tsing pada Abad ke 7 dikutip dari 'Kiriman Catatan Praktik Budhadharma dari Laut Selatan' salah satunya menceritakan bagaimana cara hidup sehat dari masyarakat nusantara berdasar ajaran Budha.Tata cara itu meliputi soal mencuci tangan, membersihkan diri, serta makan asupan yang baik. Tiga hal itu dijalankan sebagian besar masyarakat yang ia jumpai.Kebiasaan itu berlanjut hingga melintasi zaman sampai tumbangnya Majapahit berganti era Walisongo menyampaikan syiar. Sampai kerajaan Mataram Islam.

Salah satu artefak budaya cuci tangan nusantara yang masih ada sampai sekarang adalah padasan. Sejenis tempayan tanah liat dengan pancuran kecil di bagian bawah. Padasan biasanya diletakkan di depan halaman. Pada zaman dahulu, setiap orang yang akan masuk ke rumah harus membasuh tangan, kaki, dan sebagian anggota badan, sekaligus airnya bisa langsung diminum pelepas dahaga. Prosesi tersebut dipercaya untuk menghilangkan 'sawan' serta agar rumah tidak kotor, dan jauh dari segala penyakit.

Padasan juga tidak dapat dipisahkan dari tahapan berwudhu sebelum sembahyang. Sunan Kudus berperan aktif menempatkan padasan dalam bagian dakwah Islam di tanah Jawa. Akulturasi budaya yang mengakar kuat dari pribumi.

Di Dongeng Kopi, padasan persis di muka empat wastafel depan kamar mandi. Kalau kalau air habis, padasan bisa digunakan. Tetapi keduanya berfungsi sama untuk mencuci tangan. Kegiatan yang sekarang lantang menjadi anjuran terus berulang dilakukan selain jaga jarak memakai masker untuk menjauhi terpapar corona.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun