Mohon tunggu...
Donald Siwabessy
Donald Siwabessy Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Glenn Fredly, "Family Stick Together!" Pesan untuk Keluarga

25 April 2024   13:51 Diperbarui: 29 April 2024   12:04 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Glenn Fredly : Pesan Untuk Keluarga (Sumber: Kompas.com)

"Jika Anda merindukan keluarga Anda mengalami berkat Tuhan. Bangunlah hidup bersama dalam keluarga yang menyatu dengan rukun. Itu berkat-Nya."

Musisi sekaligus penyanyi legendaris, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, semasa hidupnya tentu mengenal lagu, "Sioh Mamaee", sebuah lagu popular daerah Maluku. 

Begitu juga lagu, "Di Doa Ibuku Namaku Disebut", lagu rohani Kristen yang dipopulerkan Natashia Nikita, tahun 1995.

Seandainya Glenn masih hidup lalu Anda bertanya padanya, manakah dari kedua lagu tersebut yang paling menggambarkan hubungan kedekatannya dengan mamanya? Walau tak mengenalnya secara dekat semasa hidupnya, saya yakin ia akan menjawab, "Lagu, Di Doa Ibuku Namaku Disebut", bukan lagu Sioh Mamae.

Mengapa? Karena sebagai orang Maluku yang tak lahir dan dibesarkan di Maluku, Glenn Fredly tak punya pengalaman tumbuh dan dibesarkan di sekitar lagu "Sioh Mamaee", langsung di tanah leluhurnya Maluku, apalagi sambil mama bakar sagu mama menyanyi buju-buju. Lagu itu jelas tak sedikitpun menggambarkan pengalaman kedekatan Glenn dengan mamanya.

Sebaliknya lagu "Di Doa Ibuku Namaku Disebut" lebih menggambarkan kedekatan dimaksud, bisa jadi karena arti penting doa seorang ibu bagi Glenn Fredly. 


Sebagaimana pernah diakuinya, kebetulan secara terpisah arti doa ibu dalam pengalaman hidup Glenn bisa dimaknai mirip dalam pengalaman lagu, "Di Doa Ibuku Namaku Disebut".

Dalam sebuah acara Trio Lestari, Glenn dan kedua rekannya Tompi dan Sandi Sandoro, disalah satu stasiun TV nasional, tanggal 22 Desember 2015. 

Saat itu bertepatan perayaan hari ibu. Spesial bagi Glenn di hari yang sama mamanya, Linda Mirna Siahaya berulang tahun. Sebuah suprise disiapkan. Mamanya dihadirkan dalam acara itu. Lalu dengan suara bergetar menahan tangis sambil memeluk sang mama , Glenn bernarasi ...

"Mama saya ini, pada saat kebahagiaan atau keberhasilan saya ia selalu hadir dan memilih duduk paling belakang, tersembunyi untuk memagari saya dengan doa. Pada saat saya gagal dialah orang pertama yang peluk dan menguatkan saya!" tutur Glenn.

Narasi singkat itu jelas memotret pengalaman kedekatan Glenn dengan sang mama. Dalam keberhasilan dan kegagalannya sang mama dengan kasih tulus memagari atau mendukung dalam doa. Sejatinya itulah salah satu arti penting seorang ibu bagi anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun