Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Makmum The Movie," Horor Intens dengan Ending Mudah Ditebak

21 Agustus 2019   07:19 Diperbarui: 21 Agustus 2019   07:22 0 3 0 Mohon Tunggu...
"Makmum The Movie," Horor Intens dengan Ending Mudah Ditebak
Sumber foto : flixcinema.com

"Horor dan religi adalah dua genre film yang memiliki kedekatan dengan masyarakat Indonesia. Makmum  menggabungkan kedua genre itu menjadi sajian film yang diangkat berdasarkan kisah nyata." demikian pengantar kreator "Makmum," Riza Pahlevi di film pendeknya yang sudah ditonton lebih dari 19 juta kali di YouTube.

Selain genre horor dan religi yang memang disuka penikmat film Indonesia, kesuksesan film pendek "Makmum" meraih berbagai penghargaaan, menarik minat produser Dheeraj Kalwani untuk mengangkatnya ke versi layar dengan judul "Makmum The Movie."

Ide ceritanya cukup menarik dan tergolong fresh, tentang mahluk gaib yang mengganggu ibadah sholat. Menyaksikan trailernya saja sudah membuat bulu kuduk merinding dan bikin penasaran tentang kisah seutuhnya. Karena keterbatasan durasi, di versi film pendek tak dijelaskan asal-usul hantu pengganggu tersebut dan bagaimana endingnya.

Dan sejak tanggal 15 Agustus kemarin pertanyaan itu sudah bisa terjawab, tentu bagi mereka yang sudah menontonnya di bioskop. Meskipun tayang bersamaan dengan dua film adaptasi novel sastrawan Pramoedya Ananta Toer, "Bumi Manusia" dan "Perburuan," film "Makmum The Movie" masih mampu bersaing bahkan disebut-sebut membayangi perolehan penonton "Bumi Manusia."

Ide cerita "Makmum The Movie" terbilang beda dengan film horor Indonesia pada umumnya. Perpaduan horor dan religinya bukan sekedar menampilkan sosok religius mengatasi teror mahluk gaib, tapi mahluk gaib itulah yang justru menjadi peserta dan mengganggu aktivitas ibadah.

Dalam ajaran Islam, setan pengganggu tersebut bernama Khanzab. Maka ketika menyaksikan film pendek dan trailernya saya sempat mengira film ini akan bercerita tentang gangguan Khanzab yang membuat lupa bacaan dan roka'at sholat, menganggu kekhusu'an sholat serta gangguan lainnya yang membuat kita ragu hingga membatalkan sholat.

Gangguan yang dinampakkan di film ini bukan sekedar mengurangi kualitas sholat dan membatalkannya saja, tapi lebih ekstrem dari itu. Mahluk gaib di film ini bisa merasuki raga manusia dan mengganggu dengan teror mengerikan bahkan membahayakan nyawa. Lantas muncul pertanyaan, apakah mahluk peneror di film ini Khanzab, mahluk lain, atau khanzab yang menyerupai mahluk lain?

Film arahan sutradara Hadrah Daeng Ratu ini berkisah tentang teror mahluk gaib di suatu asrama putri yang mengganggu para penghuni asrama yakni Nurul (Tissa Biani), Nisa (Bianca Hello) dan Putri (Adilla Fitri). Mahluk gaib tersebut selalu mengganggu mereka dengan mengikuti gerakan dan bacaan sholat sebagai makmum.

Gangguan semakin intens saat musim liburan sementara mereka bertiga dilarang keluar asrama oleh Rosa (Reny Yuliana), sang pengasuh asrama, karena nilai ujian yang belum memenuhi target, kecuali Putri yang tertahan di asrama karena alasan kesehatan. Dan memang putri yang sering kesurupan dengan alasan yang terjelaskan di bagian akhir cerita.

Berbagai kejadian aneh yang terjadi membuat pemilik asrama, Bu Kinanti (Jajang C. Noer) mengajak Rini (Titi Kamal) untuk kembali ke asrama tempatnya tinggal waktu masih sekolah dulu. Kehadiran Rini yang punya kemampuan melihat hal gaib bukannya meredakan gangguan namun malah membuat teror semakin sering terjadi. Rupanya ajakan Bu Kinanti ini sangat beralasan, sebab di akhir cerita terungkap hubungan Rini dengan mahluk yang selalu meneror penghuni asrama.

Selain mayoritas karakter perempuan, ada dua tokoh laki-laki di film berdurasi 95 menit ini. Ada sosok Pak Slamet (Arif Didu) asisten Bu Kinanti dan ustadz Ganda (Ali Syakieb) seorang guru agama yang ternyata teman sekolah Rini di masa lalu. Dengan bantuan Ustadz Ganda, mereka berusaha mengatasi teror mahluk gaib tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x