Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ketika Fatin Kembali Menggebrak dengan "Speechless"

8 Juli 2019   22:42 Diperbarui: 8 Juli 2019   22:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ketika Fatin Kembali Menggebrak dengan "Speechless"
Tangkapan Layar YouTube Fatin Shidqia 

Fatin Shidqia Lubis (Fatin) tetiba muncul mencuri perhatian netizen terutama pengguna YouTube dengan video cover terbarunya. Kali ini jawara X Factor Indonesia (XFI) edisi pertama itu mengcover salah satu soundtrack film "Aladdin" berjudul "Speechless." Video cover lagu tersebut dipublikasikan pertama kali di channel YouTube Fatin Shiqia, Sabtu (6/7/2019) malam. 

Video cover ini menjadi kejutan bagi para penikmat musik terutama Fatinistic, sebutan untuk penggemar setianya sejak zaman audisi XFI enam tahun lalu. Dipilihnya lagu tersebut cukup mengejutkan jika boleh dibilang berani, pasalnya warna vokal Naomi Scott sebagai penyanyi asli lagu ini sangat powerful dengan range nada tinggi, wilayah yang menurut saya bukan zona nyaman Fatin. Maka saat pertama kali membaca judul "Fatin -- Speechless (Naomi Scott Cover)," langsung muncul pertanyaan di kepala saya, "Bisakah Fatin?."

Dan pertanyaan bernada ragu itupun seketika terjawab pasti begitu selesai memutar dan menyimak video klipnya hingga usai. Ternyata Fatin bisa! Tak hanya bisa, tapi Fatin juga bagus membawakan lagu sulit itu dengan caranya. Tentu ini pendapat pribadi saya sebagai pemerhatinya sejak enam tahun lalu. Karakter vokalnya yang khas masih terjaga, dengan tehnik bernyanyi yang kian kemari terus mengalami peningkatan. Setidaknya bukan saya seorang berpendapat begitu, sebagaimana yang terbaca pada kolom komentar video klip tersebut. 

Ketika artikel ini saya tulis tercatat ada 4 ribuan komentar yang hampir semuanya bernada positif. Akun YouTube Changsun Hyun berkomentar, "Suka bgt pas part "I will take this broken wings and watch me burn across the sky" falsetnya dapet bgt, improvenya gilaa."

Sementara kanal Lakenza Husna menulis "Muncul di beranda youtube. Langsung klik. Because I know her and I know how beautiful is her voice. Good job Fatin." Akun Revan Nakano juga memuji coveran terbaru Fatin ini dengan komentar "Fatiiin... masyaAllah.. Keren... One of De best covers that I've ever heard till now... Congratulation..."

Saking banyaknya komentar bernada mendukung hingga menyanjung Fatin atas coveran terbarunya itu, butuh waktu cukup lama bagi saya men"scroll" kolom komentar untuk sekedar menemukan kritik dan komentar negatif. Akun Shakira Kim berkomentar "First time listening to you Maybe you need to practice more on breathing and breathe intake. I will check out your other videos." Sementara Niko Channel berkomentar "Ka di I won't just lay me down and die terutama di lay, head voicenya terlalu terlalu tipis." Ada juga komentar singkat Luthfi Amalia FISA, "Apa Cuma aku yg ga begitu cocok fatin nge cover ini yah, cocoknya senorita deh."     

Dengan beragam komentar dari yang bernada menyanjung hingga yang mengkritik, tak seharusnya juga jika ia harus dibandingkan dengan Naomi Scott sebagai penyanyi asli dan pemeran karakter Jasmine yang menjadi terkisah dalam lagu ini.

Pun demikian dengan penyanyi lain yang lebih dulu mengcover seperti Aurel Hermansyah, Citra Scholastika, Hanin Dhiya hingga Via Vallen. Mereka punya cara sendiri untuk menginterpretasikan lagu dan membawakannya dengan gaya khas masing-masing. 

Yang jelas Fatin sukses membawakannya secara live dengan format full band. Meskipun live, Fatin masih bisa menyanyi dengan bagus dan smooth, nyaman dan mulus dari awal hingga akhir lagu. Dinamika nada dari rendah hingga tinggi bisa disiasati dengan gayanya sendiri, menyesuaikan dengan jangkauan range vokalnya.

Fatin terdengar nyaman di nada rendah dan tiba-tiba bisa powerful di nada tinggi. Fatin memang bukan tipikal penyanyi dengan karakter vokal yang menggelegar, tapi ia bisa begitu nyaman mengenakkan lagu yang dibawakan seolah-olah lagunya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x