Dody Kasman
Dody Kasman PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ketika Via Vallen Menyanyi Lagu Korea, dari "OAOE" ke "Ddu Du Ddu Du"

8 Oktober 2018   01:02 Diperbarui: 8 Oktober 2018   01:17 862 0 0
Ketika Via Vallen Menyanyi Lagu Korea, dari "OAOE" ke "Ddu Du Ddu Du"
Tangkapan Layar YouTube Channel

Via Vallen semakin membuktikan dirinya sebagai penyanyi multitalenta. Jangkauan vokal yang luas tak terbatas dangdut koplo yang selama ini jadi spesialisasinya, membuat Via Vallen leluasa mengkesplorasi kemampuan bernyanyinya di berbagai genre. Tak hanya lagu berbahasa Indonesia, lagu berbahasa asing seringkali dinyanyikannya dengan baik.

Cek saja di channel YouTube resminya "Via Vallen Official." Ada beberapa video cover lagu berbahasa Inggris yang dibawakan dalam versinya, seperti hits Ed Sheeran "Perfect" dalam versi koplo. Lagu berbahasa Spanyol seperti Despacito juga bisa dinyanyikannya dengan baik dalam versi koplo. Ada juga lagu berbahasa Arab "Deen Assalam"  dalam versi one take cover version. Hampir semua video musik tersebut ditonton hingga jutaan kali di YouTube.

Yang terbaru, Via Vallen memberikan kejutan kepada Vyanisty dan penikmat K-Pop dengan mengcover lagu milik girlband Korea "Blackpink" yang sedang hits saat ini "Ddu Du Ddu Du." Video musik bertajuk "Via Vallen -- Ddu Du Ddu Du (Black Pink Koplo Version) tersebut  diunggah di channel YouTube Via Vallen Official tanggal 3 Oktober 2018.

Video musik berdurasi 3 menit 31 detik itu merupakan rekaman penampilan Via Vallen pada perayaan ulang tahun ke 8 Vyanisty di Taman Balekambang Solo tanggal 24 September 2018. Meski lagu telah direkam sebelumnya, namun video klipnya dikemas dalam konsep live performance dengan ratusan Vyanisty sedang berjoget di depan panggung. Saking asiknya, bahkan musisi pengiring yang notabene adalah rekan Via Vallen di O.M. Sera ikut bergoyang.

Beragam pendapat langsung membanjiri kolom komentar video tersebut. Sebagian besar merespon positif keberanian Via Vallen mengcover lagu hits Blackpink yang berbahasa Korea. "Setelah K-Pop denger ini, secara tidak langsung menjadi K-Pop dengan kearifan lokal," komentar akun DayraLivre. "K-Popers mana suaranya??? Mantap. Kali ini Via Vallen bener2 bawa dangdut go international nih... Amin," komentar akun tri puji sulistyoningrum.

Selain video musik resmi produksi Viva Management itu, di YouTube juga beredar beberapa versi video rekaman penampilan Via Vallen membawakan lagu yang sama di Panggung Merah Putih -- Asia World Expo di Hongkong tanggal 30 September 2018. Lagi-lagi Via Vallen mampu menghipnotis penonton untuk ikut bergoyang seirama dendang lagu.

Teknik bernyanyi Via Vallen memang tak perlu diragukan lagi. Meski bukan tipikal penyanyi bersuara merdu, tapi Via Vallen mampu mengenakkan lagu yang dinyanyikannya sehingga nyaman didengar. Ia sanggup menjadikan lagu orang lain yang dinyanyikannya seolah menjadi lagunya sendiri. Tak ada yang mengira sebelumnya jika "Ddu Du Ddu Du" ternyata bisa enak didengar dalam versi koplo, bahkan semakin merangsang pendengarnya untuk ikut bergoyang. Terbukti Via Vallen mampu membuat kita "auto goyang" mendengar "Ddu Du DDu Du" dalam versinya.

Yang luar biasa, Via Vallen mampu memposisikan dirinya sebagai empat personel Blackpink yang masing-masing punya peran dalam lagu tersebut mulai intro, refrain hingga ending lagu. Bahkan di bagian "rap" yang terbilang sulit, Via Vallen mampu membawakannya dengan lancar seolah ia paham betul Bahasa Korea.

Tak hanya penguasaan teknik dan jangkauan vokalnya, keberanian Via Vallen untuk mengcover lagu berbahasa Korea itu patut diapresiasi. Apalagi lagu yang dicovernya sedang jadi hits international dan girlband "Blackpink" penyanyi aslinya sedang berada dalam puncak popularitas. Sebuah pertaruhan yang sebenarnya sangat riskan, tapi akhirnya mampu dijawab oleh Via Vallen dengan penampilan yang cukup memuaskan.

Walau demikian, masih ada saja yang mengkritik tentang pengucapan Bahasa Korea yang kurang tepat bahkan salah sehingga mengakibatkan pergeseran makna lagu. Tapi, bagaimanapun lidah orang Indonesia tak sama dengan lidah orang Korea. Wajar jika terjadi kesalahan pelafalannya. Apalagi lagu tersebut tergolong lagu dengan lirik yang padat dan panjang plus rap yang membuat penyanyinya harus banyak menahan nafas.

Tapi sekali lagi keberanian Via Vallen patut diparesiasi, apalagi ini adalah kali pertama ia mengcover lagu berbahasa Korea. Kekurangtepatan pelafalan masih bisa diperbaiki untuk penyempurnaan karya berikutnya. Masih banyak waktu dan kesempatan belajar dan berbenah diri untuk perbaikan di penampilan selanjutnya.

Yang jelas, sangat banyak yang menikmati dan terhibur dengan "Ddu Du Ddu Du" versi dangdut koplo ini. Buktinya, hanya sehari seteah dipublikasi video musik tersebut langsung masuk dalam jajaran 50 besar trending video YouTube dan sempat merangkak naik ke jajaran 30 besar trending. Dan hanya butuh waktu 4 hari setelah dirilis, video musik ini sudah ditonton lebih dari 2,4 juta kali hingga artikel ini ditulis. Sebuah pencapaian luar biasa untuk ukuran sebuah video cover version.

"Ddu Du Ddu Du" versi dangdut koplo ini kembali membuktikan bahkan bahwa musik adalah bahasa universal yang bisa dipahami siapa saja bahkan dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda. Tak harus paham Bahasa Korea bagi penyuka dangdut koplo untuk bisa menikmati lagu ini. Demikian juga sebaliknya, penggemar K-Pop tanpa sadar bisa dibuat bergoyang mengikuti irama dangdut koplo yang dominan dengan suara kendang.

Kali ini Via Vallen mampu membuat saya yang sebenarnya tak begitu suka K-Pop tetiba menjadi tertarik memutar lagu berbahasa Korea itu berulang-ulang. Via Vallen sukses menjadikan K-Pop yang notabene bergenre pop dan hip hop mendadak jadi lagu korea berirama dangdut alias K-Dut. Dari lagu yang biasanya sarat dengan seruan "OAOE" dan "Hak'e hak'e" menjadi "Ddu Du Ddu Du"dan "Ah Yeah Ay Yeah."