Dody Kasman
Dody Kasman pegawai negeri

Orang Indonesia yang tinggal di daerah. \r\n \r\n\r\nTwitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ketika "Atouna El Toufoule" Trending dan "Ya Maulana" Tembus 100 Juta Penonton

7 Agustus 2018   16:32 Diperbarui: 7 Agustus 2018   16:34 618 0 0
Ketika "Atouna El Toufoule" Trending dan "Ya Maulana" Tembus 100 Juta Penonton
Tangkapan Layar YouTube

Grup musik Sabyan Gambus memang sudah sepantasnya disebut sebagai grup musik pencetak hits dan rekor di YouTube Indonesia. Hampir semua video musik mereka selalu masuk dalam daftar trending bahkan seringkali berada di posisi puncak. Video musik mereka sudah ditonton ratusan juta kali di YouTube.

Yang terbaru, video klip "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan" kembali menguasai trending YouTube hanya beberapa saat setelah dirilis. Tak hanya itu, dalam waktu hampir bersamaan video musik "Ya Maulana" yang merupakan single perdana mereka, menjadi video keempat yang sukses menembus angka 100 juta viewers. Review tentang dua video ini sudah saya bahas dalam dua artikel terpisah di Kompasiana.

"Atouna El Toufoule Cover by Sabyan"

Hanya butuh waktu beberapa jam setelah dirilis tanggal 1 Agustus 2018, video klip "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan" langsung masuk jajaran trending YouTube Indonesia dengan pergerakan naik yang cukup signifikan. Masuk pertama kali di posisi 37 kemudian merangkak naik ke posisi 33 jelang tengah malam, masih di tanggal yang sama saat dirilis.

Kenaikan signifikan terjadi keesokan harinya, pagi hari tanggal 2 Agustus 2018 video berdurasi 5 menit 38 detik Itu sudah menembus 10 besar trending YouTube, bertengger di posisi 9. Hanya dalam hitungan menit terjadi kenaikan drastis, dari posisi 9 ke posisi 7, 6, 5 dan 4 trending. Dan puncaknya, lewat tengah hari tanggal 2 Agustus 2018, "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan" langsung menembus posisi pertama trending video YouTube Indonesia. Sempat turun ke posisi 2 di pagi hari tanggal 3 Agustus 2018, namun langsung naik kembali ke posisi pertama siang harinya.

Hanya butuh waktu sehari "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan" sanggup menyalip video trending sebelumnya seperti video Sacred Riana di America's Got Talent. Namun yang mungkin luar biasa, video terbaru Sabyan Gambus ini sukses menyamai bahkan melampaui posisi trending dan jumlah viewers video lirik "Overdose" milik artis "go international" Agnez Mo.

Tentu pencapaian yang luar biasa bagi Sabyan Gambus, grup musik yang terbilang baru dengan video musik coveran. Sementara Agnes Monica atau Agnez Mo adalah artis "go international" yang sudah berpengalaman, dengan fans militan. Sebagai artis yang sudah "go international," tentu jangkauan penonton dan penggemar Agnez Mo jauh lebih luas daripada grup musik anak kemarin sore seperti Sabyan Gambus.

Kembali ke "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan," meskipun hanya versi cover, video klip terbaru Sabyan Gambus ini disambut antusias penikmat musik khususnya Sahabat Sabyan. Selain tolok ukur trending sebagaimana saya jelaskan diatas, hingga artikel ini diunggah, video ini sudah ditonton 5 juta kali dengan 322 ribu like hanya dalam waktu enam hari setelah diluncurkan.

Setelah bertahan selama lima hari di posisi nomor puncak trending YouTube, "Atouna El TouFoule" turun ke posisi 2 pada dini hari, Selasa tanggal 7 Juli 2018. Terakhir saat artikel ini dipublikasikan di Kompasiana, video tersebut berada di posisi 4 trending video YouTube Indonesia.

Penempatan video klip ini di channel "Sabyan Channel" yang jumlah subscribernya belum mencapai 1 juta ternyata tak banyak berpengaruh pada jumlah viewers, like dan posisi trending. Sebelumnya, hampir semua video klip mereka diupload di channel resmi "Official Sabyan Gambus" yang sudah memiliki 3,5 juta lebih subscriber.

Tak hanya itu, beberapa saat setelah launching segera bermunculan berbagai macam "reaction video," tidak hanya dari YouTuber dalam negeri tapi juga mancanegara. Rata-rata memberikan apresiasi positif dengan beragam ekspresinya, dari yang terpukau, speechless hingga menangis haru menyaksikan tampilan audio visual klip yang bertema curahan hati anak-anak yang hidup di tengah peperangan itu.

"Ya Maulana"

Dari beberapa lagu dan video musik yang telah dirilis Sabyan Gambus, "Ya Maulana" adalah single perdana karya asli mereka. Video berdurasi  4 menit 42 detik itu dipublikasikan pertama kali pertengahan bulan Ramadhan kemarin di channel "Official Sabyan Gambus." Lagu ini menjadi pembuktian bahwa Sabyan Gambus tak hanya bisa mengcover lagu dan solawat, namun juga mampu mencetak hits karya mereka sendiri.

Terbukti, video klip lagu ini sempat menempati posisi puncak trending YouTube selama beberapa hari dan menjadi lagu yang paling banyak diputar sepanjang bulan Ramadhan, bersanding dengan "Deen Assalam" yang juga coveran mereka. Jika selama ini Sabyan Gambus lebih banyak mengcover lagu atau solawat, maka kali ini "Ya Maulana" yang justru banyak dicover penyanyi dan YouTuber lain, tak hanya Indonesia tapi juga luar negeri.

Hanya 2,5 bulan setelah dirilis, "Ya Maulana" telah ditonton lebih dari 105 juta kali dengan lebih dari 890 ribu like. Ini berarti "Ya Maulana" adalah video musik keempat Sabyan Gambus yang tembus 100 juta viewers. Pertama "Ya Habibal Qolbi" yang bahkan melewati angka 200 juta viewers, berikutnya "Deen Assalam" dan yang ketiga "Ya Asyiqol." Maka sudah sepantasnya jika Sabyan Gambus disebut sebagai grup musik pencetak rekor dan hits di YouTube Indonesia.

Selama satu tahun ini mereka aktif di YouTube dengan dua channel resmi yaitu "Sabyan Channel" dan "Official Sabyan Gambus." Hanya butuh satu tahun, delapan video klip mereka di channel "Official Sabyan Gambus" total sudah  ditonton lebih dari 700 juta kali. Belum lagi sejumlah video yang diunggah di "Sabyan Channel" (termasuk "Atouna El Toufoule"), yang sudah memperoleh angka penayangan lebih dari 50 juta kali.

Sabyan Gambus cukup jeli memanfaatkan YouTube dan Instagram sebagai media untuk mengunggah sekaligus mempromosikan hasil karyanya, bahkan sejak mereka baru mengawali karier di dunia musik. Hampir semua karya mereka, baik itu video klip musik, vlog, rekaman pertunjukan live dan off air, talkshow hingga video komedi bikinan sendiri diunggah di Instagram dan YouTube resmi mereka.

Kesuksesan video klip "Atouna El Toufoule" memuncaki trending dan pencapaian "Ya Maulana" tembus 100 juta viewers menjadi pembuktian eksistensi dan kapasitas Sabyan Gambus sebagai grup musik yang mampu menghasilkan karya berkualitas dan disukai jutaan orang. 

Disinilah kelebihan Ayus dan kawan-kawan yang konsisten berkarya di genre yang jarang tersentuh artis lain. Sabyan Gambus mampu menggubah lagu orang lain seolah-olah adalah karya sendiri. Lagu yang mereka cover mendadak jadi populer dan disuka banyak orang. Demikian juga solawat yang mereka kemas dalam alunan nada dan lagu penuh makna yang nyaman didengar. 

Kepiawaian mengaransemen genre gambus dan solawat dengan gaya kekinian menghasilkan karya yang mudah diterima dan sangat nyaman untuk dnikmati. Terlebih daya tarik penampilan sang vokalis Khoirunissa yang populer dengan panggilan Nissa Sabyan, membuat Sabyan Gambus semakin menarik minat penikmat musik dan dicintai penggemarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2