Dody Kasman
Dody Kasman PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Meninjau Video Klip Terbaru Sabyan Gambus, "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan"

2 Agustus 2018   02:06 Diperbarui: 2 Agustus 2018   02:54 1969 0 0
Meninjau Video Klip Terbaru Sabyan Gambus, "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan"
Tangkapan Layar YouTube

Setelah menunggu sekitar dua bulan lebih, akhirnya para penikmat musik terutama penggemar Sabyan Gambus bisa menikmati karya terbaru Ayus dan kawan-kawan. Terakhir mereka merilis video musik "Ya Maulana" yang merupakan single pertama mereka bulan Ramadhan kemarin, tepatnya tanggal 23 Mei 2018.

Rabu, 1 Agustus 2018 tepat pukul 16.00 WIB Sabyan Gambus resmi merilis video cover terbaru berjudul "Atouna El Toufoule Cover by Sabyan." Jadwal launching video terbaru ini gencar dipromosikan sejak seminggu sebelumnya lewat akun Instagram resmi @Sabyan_Gambus dan akun Instagram masing-masing personelnya.

Kembali mereka memanfaatkan YouTube sebagai media untuk mempublikasikan karya terbarunya. Namun kali ini video klip tersebut tidak dirilis di channel resmi "Official Sabyan Gambus" sebagaimana beberapa video sebelumnya. Video musik berdurasi 5 menit 37 detik itu justru dipublikasikan di channel "Sabyan Channel"

Lagu "Atouna El Toufoule" sebenarnya sudah pernah mereka bawakan saat berkolaborasi dengan Nagita Slavina beberapa waktu yang lalu. Video klip kolaborasi tersebut diunggah di channel "Rans Entertainment" tanggal 14 Juni 2018 dan hingga artikel ini ditulis sudah ditonton lebih dari 2,4 juta kali dengan 84 ribu like.

Ketika itu banyak penggemar Sabyan Gambus "request" agar lagu tersebut dijadikan video klip cover terbaru Sabyan Gambus. Bahkan tak sedikit yang sudah menduga, termasuk saya, jika "Atouna El Toufoule" adalah video cover berikutnya, sebelum diluncurkannya single kedua.

Lagu bertema curahan hati anak-anak yang hidup di tengah peperangan ini memang bukan lagu baru. Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh bocah Lebanon bernama Remi Bandali pada tahun 1984. Lewat lagu ini Remi Bandali berkisah tentang kondisi anak-anak seusianya yang tak bisa menikmati indahnya masa kecil akibat perang saudara yang terjadi di Lebanon antara tahun 1975 sampai 1990.

Lagu tersebut kemudian dinyanyikan kembali oleh gadis cilik asal Suriah bernama Ghina Bou Hamdan yang membuat jutaan orang menangis terharu saat tampil di Middle East Broadcasting Centre (MBC) The Voice Kids akhir 2015.

Lagu tersebut dibawakan dengan penuh penghayatan oleh Ghina, menggambarkan apa yang dirasakannya sebagai anak-anak korban perang di Suriah. Video yang diunggah oleh channel MBC The Voice Kids tanggal 2 Januari 2016 itu sudah ditonton lebih dari 124 juta kali.

Syair lagu ini memang sangat menyentuh. Berikut terjemahan cuplikan lirik lagu yang sangat emosional itu :

Berikan kami masa kecil,berikan kami kedamaian.

Kami datang untuk mengucapkan selamat hari raya kepadamu,

Mengapa di tempat kami tidak ada dekorasi hari raya.

Wahai dunia, tanah kami telah dihancurkan.

Tanah kami telah direnggut kebebasannya.

Langit kami sedang bermimpi, bertanya kepada hari.

Di mana matahari yang indah dan kemana kepakan sayap burung merpati.

Tanahku kecil, seperti aku yang mungil, berikan kedamaian kembali padanya.

Aku adalah seorang bocah ingin menyampaikan sesuatu, tolong dengarkan aku.

Aku adalah seorang bocah yang ingin bermain, kenapa tidak kau biarkan aku.

Pintuku menunggu, teman-temanku sedang berdoa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3