Mohon tunggu...
Dodi Bayu Wijoseno
Dodi Bayu Wijoseno Mohon Tunggu... Belajar, membuat hidup lebih indah

Penyuka Sejarah, hiking dan olah raga

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

5 Fakta Menarik di Balik Layar Film Pertempuran Laut Greyhound (2020)

8 Agustus 2020   07:00 Diperbarui: 8 Agustus 2020   14:02 1551 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Fakta Menarik di Balik Layar Film Pertempuran Laut Greyhound (2020)
Keterangan gambar: Poster film Greyhound yang dibintangi oleh Tom Hanks. Sumber gambar: hak cipta imdb/imdb.com

Sebuah kisah menegangkan dari Samudra Atlantik semasa PD II yang masih jarang dikisahkan   

Film Greyhound merupakan film bertemakan perang karya sutradara Aaron Schneider yang dibintangi oleh aktor Tom Hanks  yang rencana awalnya akan direlease pada tanggal 8 Juni 2020, namun ditunda karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia hingga akhirnya fillm tersebut diluncurkan di layanan streaming  Apple TV pada tanggal 10 Juli 2020 yang lalu.

Bagi para penyuka sejarah, terutama sejarah Perang Dunia II tentu film ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Tidak seperti kebanyakan film-film perang Dunia II, dalam film  Greyhound ini sang sutradara mengambil sudut pandang pertempuran di  laut Atlantik  yang juga sangat penting dalam  upaya untuk memenangkan peperangan baik bagi pihak Sekutu maupun pihak Nazi Jerman. 

Kisah pertempuran laut semasa Perang Dunia II ini terkadang terlewatkan untuk digali secara lebih mendalam. Sedikit banyak film ini memberikan gambaran kepada kita mengenai apa yang terjadi di Samudera Atlantik pada Perang Dunia II. 

Persaingan dan strategi antara Sekutu dan Nazi Jerman untuk menjadi penguasa lautan dengan kepentingannya masing-masing digambarkan secara apik di dalam film ini dan dalam porsi tertentu memberikan tambahan wawasan sejarah kepada pemirsanya.

Berikut 5 fakta menarik di balik layar film Greyhound:

1. Berlatar belakang masa Perang Dunia II

Keterangan gambar: sebuah Kapal Perang Jerman menyerang pertahanan Polandia di hari pertama  Perang Dunia II tahun 1939. Sumber  gambar: wikimedia.org
Keterangan gambar: sebuah Kapal Perang Jerman menyerang pertahanan Polandia di hari pertama  Perang Dunia II tahun 1939. Sumber  gambar: wikimedia.org

Film Greyhound mengambil latar belakang masa Perang Dunia II, sebuah perang terbesar yang pernah dilalui oleh umat manusia dalam perjalanan panjang sejarah peradabannya.

Sebuah perang yang menyebabkan kehancuran besar di negara-negara yang secara langsung menjadi tempat konflik, tidak hanya kehancuran infrastruktur saja, perang ini juga memakan korban jiwa yang luar biasa besar.

Perang Dunia II di Eropa pecah ketika pada tanggal 1 September 1939 Hitler menginvasi Polandia yang menyebabkan pernyataan perang pihak Inggris dan Perancis kepada Jerman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x