Mohon tunggu...
Doddy Salman
Doddy Salman Mohon Tunggu... Dosen - pembaca yang masih belajar menulis

manusia sederhana yang selalu mencari pencerahan di tengah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Suara Rakyat vs Suara Kampus

11 Februari 2024   12:28 Diperbarui: 11 Februari 2024   12:32 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Menjelang pemungutan suara 14 Februari 2024 berbagai fenomena sosial terjadi di masyarakat. Dimulai 31 Januari 2024 oleh kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Melalui petisi Bulak Sumur para professor menilai tindakan, sikap dan pernyataan Jokowi dan aparaturnya sepanjang proses Pilpres 2024 telah menyimpang dari nilai demokrasi. Mereka mendesak Jokowi yang merupakan alumni UGM itu untuk kembali pada koridor demokrasi.

Kritis terus menyebar dilakukan kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Padjajaran (Unpad) dan kampus-kampus baik swasta maupun negeri.

Menariknya kritis keras kampus tidak linier dengan suara masyarakat. Melalui berbagai survei nasional ditemui bahwa masyarakat Indonesia dominan merasakan kepuasan terhadap pemerintahan Joko Widodo.

Survei nasional Poltracking menyebutkan Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia mencapai 79,3 persen atau stabil. Pengambilan data survei ini dilakukan dengan tatap muka sejak 27 Januari 2024 hingga 2 Februari 2024. Masyarakat yang tidak puas 18,1%

Sementara Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasionalnya menemukan bahwa kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo menunjukkan 79,5%. 

Survei dilakukan dalam periode 28 Januari 2024 hingga 4 Februari 2024.  Menurut Direktut Lembaga Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi rating Presiden Joko Widodo di bawah 50% terjadi di Juni 2015 ketika kebijakan kenaikan BBM.

Rincian survei tersebut adalah

Sangat puas 16,7%
Cukup puas 62,8%
Kurang puas 17,7%
Tidak puas sama sekali 2,4%
TT/TJ 0,4%

Lembaga Survei Indonesia Denny JA juga merilis hasil survei Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi. Hasilnya menunjukkan  80,8% masyarakat puas.Menggunakan kuesioner survei ini dilakukan di seluruh Indonesia sejak 26 Januari 2024 hingga 6 Februari 2024.

Survei Populi Center yang berlangsung 27 Januari 2024n hingga 3 Februari 2024 juga menunjukkan 80% responden puas dengan kinerja Jokowi. 75,1% responden juga menikai demokrasi Indonesia berjalan baik.

Ketiga survei tersebut berlangsung saat kampus-kampus mengkritik pemerintahan Joko Widodo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun