Mohon tunggu...
Nia Damayanti
Nia Damayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Gigi

Mahasiswa Kedokteran Gigi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wow! Mahasiswa Undip Edukasi Warga bahwa Kesehatan Gigi dan Mulut Mampu Turunkan Resiko Komplikasi Covid-19

1 Agustus 2021   14:57 Diperbarui: 1 Agustus 2021   15:29 103 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wow! Mahasiswa Undip Edukasi Warga bahwa Kesehatan Gigi dan Mulut Mampu Turunkan Resiko Komplikasi Covid-19
Wow! Mahasiswa Undip Edukasi Warga bahwa Kesehatan Gigi dan Mulut

Kota Semarang (28/07/21) – Kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021 dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2021. Kegiatan KKN pada tahun ini dilaksanakan sama seperti tahun lalu, yakni dilaksanakan di wilayah tempat tinggal mahasiswa atau yang disebut “KKN Pulang Kampung”. Sebagai seorang mahasiswi Kedokteran Gigi, Nia Damayanti mengusung salah satu program KKN yaitu “Mulut Sehat, Cegah Covid-19” (Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dan Aturan ke Klinik Gigi Selama Pandemi).

Pandemi Covid-19 telah menjadi masalah utama bagi Indonesia bahkan di seluruh negara saat ini. Hal ini mengharuskan kita untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kondisi mulut yang kotor dapat menjadi sarana penyebaran virus Covid-19 untuk melakukan pertukaran mikroba dari mulut ke paru-paru. Penelitian di Qatar menemukan bahwa ternyata resiko komplikasi Covid-19 meningkat pada pasien yang memiliki penyakit gusi atau yang disebut dengan “periodontitis”. Penyakit gusi juga dapat meningkatkan komplikasi penyakit kronis seperti penyakit hati, diabetes dan penyakit paru-paru yang juga dapat memperburuk kondisi penderita Covid-19. Sehingga, dikatakan bahwa kebersihan mulut mampu turunkan resiko Covid-19.

Melalui program ini, Nia, Mahasiswi Kedokteran Gigi Undip memberikan edukasi kepada ibu-ibu RT 06 Kelurahan Bojongsalaman mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, tips menjaga kesehatan gigi dan mulut, pertolongan pertama ketika sakit gigi dan aturan ke klinik gigi selama pandemi covid-19 dengan menyebarkan leaflet.

Wow! Mahasiswa Undip Edukasi Warga bahwa Kesehatan Gigi dan Mulut
Wow! Mahasiswa Undip Edukasi Warga bahwa Kesehatan Gigi dan Mulut

Kegiatan dalam program ini antara lain:

  • Sosialisasi “Mulut Sehat, Cegah Covid-19” menggunakan leaflet secara daring
  • Tanya jawab secara daring
  • Monitoring dan evaluasi program melalui google form

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui grup WhatsApp karena mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan sosialisasi secara tatap muka. Sosialisasi diikuti oleh 25 Ibu-Ibu warga RT 06 Kelurahan Bojongsalaman melalui grup WhatsApp. Ketika sosialisasi berlangsung, ibu-ibu RT 06 Kelurahan Bojongsalaman tampak sangat antusisas dan bersemangat dibuktikan dengan banyak ibu-ibu yang merespon dan mengajukan pertanyaan mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, ketika dilaksanakan monitoring dan evaluasi program, 25 responden telah mengisi gform dan dapat disimpulkan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan bermanfaat serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

untitled-design-2-610651ee1525101d696c2072.jpg
untitled-design-2-610651ee1525101d696c2072.jpg
“Mesikipun sosialisasi yang diberikan secara online, tapi apa yang disampaikan mbak nia sangat informatif, saya yang tadinya tidak tahu jadi tahu, contohnya saya tidak tahu disaat pandemi ini boleh ke dokter gigi, ternyata ada kondisi tertentu yang diperbolehkan” Kata Bu Dony, salah satu warga RT 06 Kelurahan Bojongsalaman.

Penulis: Nia Damayanti (Kedokteran Gigi)

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Heri Sugito, S.Si., M.Sc

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x