Djohan Suryana
Djohan Suryana Pensiunanl

Hobby : membaca, menulis, nonton bioskop dan DVD, mengisi TTS dan Sudoku. Anggota Paguyuban FEUI Angkatan 1959

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Erick Thohir, Bintang Baru?

12 September 2018   17:44 Diperbarui: 12 September 2018   20:13 142 0 0

Asian Games 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agstus 2018 sampai dengan 2 September 2018 baru saja berakhir dengan sukses besar. Baru pertama kali dalam sejarah Asian Games selama ini, Indonesia berhasil memperoleh medali demikian banyak : 31 emas, 24 perak, 43 perunggu. 

Prestasi yang sangat membanggakan ini disertai oleh acara pembukaan yang demikian meriah dan mengejutkan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri dengan mengendarai sepeda  motor, walaupun dengan rekayasa. 

Sukesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak terlepas dari kerjasama yang harmonis antara pemerintah dan swasta yaitu kerja keras Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono, dan Erick Thohir, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) yang dibantu oleh Wishnutama, Ceative Director, Eko Supriyanto dan Hartati, Koreografer, Denny Malik, Koreografer, dan Dynand Fariz, Perancang Kostum (Kompas 2/9/2018).

Barangkali karena prestasi yang gemilang ini, figur Erick Thohir dianggap paling menonjol sehingga menarik perhatian Jokowi. Demikianlah yang terjadi : Erick Thohir ditunjuk menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), sebuah tim sukses untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. 

Keputusan ini pun katanya cukup mengejutkan karena  Erick Thohir adalah seorang pengusaha swasta yang minim pengalaman dalam  politik praktis. Sedangkan tokoh-tokoh yang duduk dalam tim sukses tersebut terdiri dari politisi yang sudah "karatan" dalam dunia politik. Sinergi di antara kedua kutub ini akan dapat terlaksana apabila masing-masing pihak dapat bekerjasama dibawah arahan Jokowi. 

Erick Thohir, 48 tahun, adalah seorang pengusaha muda yang sukses dengan kekayaan bersih yang dimilikinya sebesar US $1,4 milyar.Ia adalah pemilik grup perusahaan Mahaka yang bergerak dalam bisnis media dan entertainment antara lain  Gen FM, Jak FM, Jak TV, Mahaka Advertising, Harian Republika, Golf Digest, Rajakarcis.com. Tetapi yang paling penting tentunya kemampuan manajerial serta leadership nya dalam memimpin serta mengelola dana dan daya yang tersedia demi suksesnya Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi presiden dan wakil presiden pada tahun 2019. 

Tidak gampang memang. Intrik politik, fitnah, hoaks, dan kriminalisasi mungkin saja akan menjeratnya. Namun dukungan serta backing yang kuat dari Jokowi merupakan jaminan untuk siap menghadapinya. Apabila Erick sukses, maka sebuah bintang baru akan muncul. Dengan Erick sukses, dengan sendirinya Jokowi juga sukses, maka kemungkinan besar Erick akan menduduki kursi Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru .....