Mohon tunggu...
Diva AzzahraSalsabila
Diva AzzahraSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

hai.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Macam Temprament

26 September 2021   23:06 Diperbarui: 26 September 2021   23:07 45 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Macam Temprament
sumber gambar pin.it

Tempramen pada dasarnya telah ada di dalam diri kita sejak kita lahir. Tempramen sendiri merupakan suatu kepribadian dalam menghadapi  bagaimana cara respon kita terhadap berbagai hal yang terjadi pada diri kita semasa hidup. Tempramen dapat berpengaruh terhadap perilaku kita saat sedang berinteraksi dengan orang -- orang. Setiap orang pastinya memiliki sifat tempramen yang berbeda. Ada yang sedikit sensitif, mudah marah, mudah sedih, ada yang teteap tenang, dan yang lainnya. Orang yang memiliki sifat tempramen juga memiliki sebutan yaitu "temperamental". 

Setiap orang tidak memiliki penyebab yang pasti dalam hal tempramen. Namun ada salah satu penyebab yang berpengaruh seperti faktor lingkungan. Apalagi jika lingungan anak tersebut adalah orang  orang dewasa. Maka orang tua harus lebih berhati hati. Karena sifat tempramen anak dapat berupa apa yang ia lihat di sekitarnya. Apalagi saat anak masih kecil itu dapat berpengaruh dengan cepat pada pertumbuhan si anak. Seperti ketika dia melihat orang marah maka dengan bertambahnya usia anak akan menunjukkan sikap marah seperti yang ia lihat sejak kecil. Ntah marah dengan membanting barang, marah dengan berteriak. Sikap ini akan ia bawa hingga ia besar.

Ada banyak sekali ciri ciri anak yang memiliki sikap tempramen yaitu :

  • Sangat mudah emosi
  • Memiliki rasa cemburu
  • Merasa apapun yang ia lakukan benar
  • Sering sekali berkata kasar
  • Memiliki sikap pendendam dan masih banyak lagi

Temperamental memiliki 4 jenis yaitu :

  • Phlegmatic
    Pada jenis tempramen ini anak memiliki sikap yang tenang dan juga pandai meredamkan amarah. Jenis ini termasuk tempramen yang tidak mudah sekali marah marah mereka masih dapat memendamnya sendiri.
  • Melankolis
    Anak yang berada pada jenis ini lebih mudah sensitif dengan keadaan apapun itu. Mereka juga memiliki sifat perfeksionis. Ketika mereka mendapat suatu masalah ia akan merasa depresi dan juga menjadi seorang yang pemurung.
  • Kolerik
    Pada umumnya anak yang memiliki kemamuan yang keras berada pada jenis tempramen ini. Ia merasa bahwa ialah seorang pemimpin diantara lainnya. Mereka rata rata hanya memikirkan untuk dirinya sendiri.
  • Sanguinis
    Pada jenis ini anak lebih mudah terpengaruh dan muda menerima pengaruh yang datangnya dari luar. Mereka sangat mudah sekali memasukkan apapun yang ia lihat pada pikiran mereka. Mereka juga lebih mementingkan perasaan daripada pikiran untuk menentukan sebuah keputusan yang akan ia ambil.

Saat anak sedang ada pada waktu tempramennya kambuh. Sebagai orang tua hendaknya tenangkanlah sang anak. Ajaklah mereka ke tempat yang menangkan agar mereka bisa lebih rileks. Dengan bertambahnya usia ajak anak juga mengembangkan pola pikirnya. Bukalah pelan pelan pola mikir mereka agar dapat berpikir secara positif.  Selain itu jika tempramennya sedang memuncak kalau bisa beri mereka ruang dan waktu untuk sendiri agar mereka akan lebih merasa tenang. Jadilah pendengar yang baik bagi mereka karena mereka akan merasa tenang jika perasaan yang mengganggunya dapat di bicarakan dengan orang yang ada di sekitarnya. Dan juga bisa ajak anak mendiskusikan kira kira apa sih penyebab sikap tempramen yang dimiliki anak tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan